Curi Motor, Seorang Komplotan Becak Hantu Ditembak

Kamis, 9 Juli 2020 | 19:34 WIB

Medan, MPOL : Seorang pelaku curanmor komplotan becak hantu yang beraksi di Jl. Letda Sujono, Medan Tembung, dibekuk petugas Sat Reskrim Polrestabes Medan, Minggu (28/6/2020) lalu.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko didampingi Kasat Reskrim Kompol Martuasah Tobing, saat menggelar konferensi pers, Kamis (9/7/2020) mengatakan, dalam aksinya tersangka menaiki beca motor (betor) dan berpura-pura mencari makanan ternak kemudian melakukan pencurian. Aksi pelaku ini terekam kamera CCTV dan tersebar di media sosial (Medsos).

“Tersangka yang diamankan berinisial RFS alias Nani (30) warga Jl. Seriti, Perumnas Mandala, Percut Sei Tuan. Kepada tersangka, polisi terpaksa memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kedua kakinya karena melawan petugas saat disergap,” kata Riko.

Dijelaskan Riko, adapun modus tersangka melakukan curanmor modus becak hantu dengan cara mematahkan stang sepedamotor korban kemudian diangkut menggunakan becak atau betor. Ia menjelaskan dalam penangkapan terhadap tersangka pihaknya turut mengamankan barang bukti 1 unit betor, 1 jaket dan uang tunai Rp. 44.500.

“Pengakuan tersangka sudah dua kali melakukan pencurian dengan modus serupa,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, sambungnya, diketahui bahwa tersangka merupakan residivis kasus pencurian dengan pemberatan (curat) yang sudah dua kali keluar masuk keluar masuk penjara, yakni pada tahun 2016 dan tahun 2018.

“Terhadap pelaku lainnnya terus diburu,” tandasnya.

Akibat perbuatannya tersangka dikenakan Pasal 363 KUHPidana ayat 2 dengan ancaman hukuman 9 tahun kurungan penjara. *