Calo Menganas, Driver Ojol Kena Tipu Ambil Tilang

Jumat, 18 September 2020 | 18:03 WIB

Medan, MPOL: Masyarakat khususnya pemilik kendaraan yang mau mengambil tilang di Kejari Negeri Medan, harus hati-hati. Sebab calo semakin menganas dan bergentayangan serta meresahkan masyarakat.

Tak jarang, banyak orang yang hendak melakukan pengurusan dokumen di Satlantas, maupun di Kejari Medan menjadi sasaran “tombak” pelaku penipuan berkedok calo.

Seperti yang dialami, seorang driver ojek online (Ojol) bernama Robiansyah Alam Putra warga Jalan Swadaya Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Ampas. Jumat (18/9/2020) pagi tadi,

Robiansyah menjadi korban penipuan calo yang berpura-pura hendak membantunya menebus tilang.

“Saya datang ke Kejari Medan untuk menebus tilang STNK dan SIM,” ujar korban.

Sesampainya di sana, salah seorang calo langsung menghampiri korban. Pelaku menawarkan jasa bantuan agar dokumen penting korban dapat keluar dengan cepat.

Korban yang termakan bujuk rayuan calo penipu ini, kemudian menyerahkan uang sebesar Rp230 ribu sebagai balas jasa.

“Setelah uang dikasih, saya disuruh calo untuk menunggu di luar dengan alasan karena covid-19 Kejari tidak melayani pelayanan umum terhadap masyarakat dan harus menunggu di luar,” kata Robiansyah.

Malang bagi korban, setelah menunggu hingga 90 menit lamanya, calo tersebut tak datang dan menghilang.

Parahnya lagi, korban penipuan calo bukannya dia sendiri saja. Ada sekitar 6 orang yang jadi korban dengan kerugian berpariasi antara 200-600 ribu.

“Pusinglah bang, geram juga, sudahlah cari uang sekarang payah, kena tipu lagi,” kata korban.

Informasi diperoleh wartawan, sejak Pandemi Covid-19 melanda tanah air, Kejari Medan menutup pelayanan tilang mulai Maret 2020 hingga sekarang.

Penutupan layanan ini juga diumumkan lewat laman kejarimedan.go.id yakni dalam rangka Mengantisipasi penyebaran COVID-19, dengan ini kami umumkan pada masyarakat pelanggar tilang, bahwa pelayanan tilang pada PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kejari Medan ditutup sementara sampai batas waktu yang belum dapat kami tentukan.

Meski begitu, masyarakat tetap dapat menebus tilang dengan cara online, yang nantinya akan diantarkan oleh petugas dari Kejari Medan ke alamat mereka yang terkena tilang.

Maka untuk kelancaran dan kemudahan layanan bagi masyarakat Pelanggar Tilang, kami membuka Layanan Si ABANG LAE (Sistem Antar Barang Bukti dan Tilang Online). HUBUNGI Nomor WA : 081370820455
GRATIS….!. (*)