BNN Gerebek Pesta Narkoba di Kampus USU, 47 Orang Diamankan, Cuma 3 Orang Jadi Tersangka

Senin, 11 Oktober 2021 | 17:39 WIB

Medan, MPOL; Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut menggerebek pesta narkoba di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (11/10/21) malam kemarin.

Hasilnya 47 orang diamankan dan setelah dilakukan pemeriksaan, 31 orang dinyatakan positif, 16 orang negatif (dipulangkan) dan 3 orang tersangka.

“Hasil penggerebekan 3 orang ditetapkan tersangka,” kata Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan saat paparan kasus di Markas BNN Sumut, kawasan Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (11/10/21) siang.

Adapun ketiga tersangka yakni Jon Hendrik Sipayung (27) warga Siboras Toba Dairi, Dinda Meutia (24) warga Blangkejeren Aceh, dan Faisal Akbar Yusuf (21) warga Riau.

Toga mengatakan penangkapan berasal informasi dari pihak USU yang mengirimkan surat ke BNNP Sumut terkait adanya dugaan peredaran narkoba di Kampus USU.

Dari informasi itu, petugas BNN Sumut melakukan penyelidikan, dan Sabtu malam petugas turun ke lokasi melakukan penindakan.

“Dari 47 orang yang diamankan, 31 orang positif narkoba, dan 16 orang negatif (dipulangkan),” kata Toga.

47 orang yang diamankan saat penggerebekan di kampus USU.(Isu)

Dari 31 orang yang dinyatakan positif menggunakan narkotika setelah didata 20 orang mahasiswa USU terdiri dari 14 orang masih kuliah dan 6 orang sudah alumni USU. Sedangkan 11 orang lainnya adalah masyarakat sekitar Kampus USU.

“Untuk 31 positif narkoba di asesmen medis (rehabilitasi),” ungkapnya.

Sedangkan, hasil penggeledahan terhadap tempat dan pakaian ditemukan narkotika jenis daun ganja seberat 508,6 gram.

Dari hasil pemeriksaan sementara bahwa Narkotika jenis daun ganja seberat 265 gram adalah milik salah satu tersangka yang diamankan (Jon Hendrik Sipayung yang merupakan Alumni FIB USU) dimana sebahagian sudah diracik dalam plastik kecil dan siap edar.

Jon Hendrik Sipayung kepada petugas mengaku bahwa narkotika tersebut diperoleh dari seorang wanita yang bernama Dinda.

“Pada tanggal 10 Oktober 2021 pukul 09.30 WIB dilakukan penangkapan terhadap Dinda Meutia bersama 1 orang temannya laki-laki bernama Faisal Akbar Yusuf di Jl. Cemara Ujung No. 80 Kelurahan Jati Kec. Medan Kota,” urainya .(*)