Berdalih Agar Disegani Orang, TNI Gadungan Ini Diamankan Polisi

Jumat, 31 Juli 2020 | 22:48 WIB

Medan, MPOL : Seorang pria mengaku sebagai anggota TNI diamankan petugas Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan. Tersangka TNI gadungan bernama Muslianto (52) warga Jl. Pintu Air IV No 12, Kec. Medan Johor, diamankan dari Jl. Luku, Kel. Kwala Bekala, Kec. Medan Johor, Kamis (30/7/2020).

Plh Kanit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan, Iptu Ardian Yunnan, Jumat (31/7/2020) mengatakan, saat itu tersangka Muslianto sedang dalam perjalanan hendak ke Jalan Binjai. Namun, di tengah jalan tersangka diberhentikan oleh seorang warga bernama Hotman Purba karena melihat tersangka menggunakan seragam TNI.

Karena merasa curiga dengan seragam yang dikenakan tersangka, selanjutnya Hotman mengajak tersangka dan langsung membawanya ke Koramil 05/MB. Setelah sampai di kantor Koramil, tersangka lalu diperiksa, dimana saat itu tersangka membawa senjata jenis Air Softgun.

“Setelah diperiksa ternyata KTP, SIM serta kartu keluarga tersangka juga sudah dipalsukan. Atas kejadian tersebut tersangka diboyong ke Polrestabes Medan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Yunnan.

Selain menyita barang bukti sepucuk Air Softgun, polisi juga mengamankan sebilah pisau sangkur,
4 potong baju dinas TNI, 3 celana dinas TNI 2 potong kaos TNI, sepasang sepatu PDL warna hitam dan sebuah baret TNI.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengakui perbuatanya telah melakukan tindak pidana membawa, menyimpan, menyembunyikan senjata tajam dan atau menempatkan keterangan palsu pada akte autentik.

“Saat diinterogasi, tersangka berdalih mengaku sebagai TNI dengan maksud untuk gagahan dan agar disegani orang serta termotivasi,” pungkasnya. *