Antisipasi Bajir, Dinas PU Medan Lakukan Pengorekan Parit di Jalan Tuntungan Baru

Selasa, 23 Februari 2021 | 12:54 WIB

Medan, MPOL: Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan melakukan pengorekan parit di sepanjang Jalan Sei Tuntung Baru, Kecamatan Medan Baru, Selasa (23/2/21) Siang.

Pengorekan dilakukan agar tidak ada lagi saluran air yang tersumbat dan adanya genangan air.

Pengorekan dilakukan untuk mengatasi genangan air yang acap kali menggenangi jalan maupun rumah warga ketika hujan deras turun.

Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul dan penggaruk, sejumlah alat juga diturunka guna mendukung kelancaran pengorekan parit yang tersumbat akibat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sehingga sering menjadikan parit sebagai lokasi pembuangan sampah.

Akibatnya parit tersumbat sehingga tidak mampu menampung dan mengalirkan debit air hujan.

Dalam pengorekan yang dilakukan mulai sejak pagi hari. Seluruh petugas langsung memasuki parit dan kemudian bahu membahu membersihkan sampah yang menutupi permukaan parit.

“Biar drainase lancar dan mengurangi tingkat kebanjiran di Kota Medan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Zulfansyah dalam keterangannya melalui aplikasi WhatsApp, Selasa (23/2/21).

“Betul bang. Saat ini kita (PU Medan) melakukan proyek pengorekan parit, kegiatan ini dilakukan guna mengurangi tingkat kebanjiran,” katanya.

Kadis berjanji bahwa pengorekan tersebut tak hanya dilakukan sekali saja,”Kita akan rutin melakukan pengorekan sehingga Medan menjadi Kota yang bebas banjir,” ungkapnya.

Selain itu, Koordinator lapangan yang mengaku bernama Rizki mengaku bahwa pekerjaan tersebut dilakukan berkelanjutan di berbagai kelurahan di Kota Medan.

“Pengorekannya setiap hari bang. Kami berpindah pindah lokasi, setiap kecamatan akan dibuat pengorekan rutin ini,” ujarnya.

Masyarakat sangat mengapresiasi pengorekan yang dilaksanakan Dinas PU Medan.

“Bagus kali ada pengorekan parit. Sebab masyarakat sekitar jarang melakukan gotong royong sehingga parit tersumbat dan air sering tergenang. Untung Dinas PU melakukan pengorekan parit. Mantaplah Dinas PU,” kata seorang warga bernama Ilham.(*)