9 Rumah Warga Sukamakmur Terbakar

Selasa, 5 Mei 2020 | 16:08 WIB

Sibolangit, MPOL: Sembilan unit rumah semi permanen di Jalan Jamin Ginting Desa Sukamakmur, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang terbakar, Senin (2/5) malam sekira pukul 20.30 WIB. Asal api diduga akibat korsleting listrik dari rumah Laksana Ginting.

Dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Data yang diterima wartawan dari lapangan, pemiik ke-sembilan rumah tersebut masing-masing Laksana Ginting (45),Terkelin Tarigan (35), Kaiser Tarigan (37), Karben Barus (68), Josua Ginting dan Murni Purba.

Malam itu, Laksana yang sehari-harinya membuka usaha rumah makan dan Catering Amanda sedang beraktifitas di tempat usahanya. Sekira pukul 20.30 WIB, Laksana Ginting dikejutkan oleh teriakan warga yang mengatakan kala dari belakang rumahnya ada kepulan asap disertai percikan api.

Spontan saja, Laksana dan keluarganya berlati ke luar rumah sambil berusaha menyelamatkan barang-barang berharga. Karena rumah milik Laksana Ginting sebagian besar bahan dasar bangunannya dari kayu, kobaran api pun dengan mudah membara.

Bahkan, rumah semi permanen  milik lima warga lainnya yang berdampingan dengan rumah Laksana Ginting juga tak luput dari ‘jilatan’ si jago merah. Ratusan warga sekitar yang mengetahui kejadian dengan sukarela berjibaku melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya, termasuk juga meminta bantuan puluhan sopir truk tangki air.

Beberapa jam arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat macet total. Pasalnya, warga yang dibantu personil Polsek Pancur Batu dan personil Koramil Sibolangit menutup jalur bagi pengendara kendaraan yang datang dari arah Medan-Tanah Karo maupun sebaliknya.

Sekitar pukul 22.30 WIB, kobaran api akhirnya berhasil dijinakkan, namun kondisi ke-sembilan rumah yang terbakar itu sebagian besar terlihat sudah luluh lantak. Arus lalu lintas pun akhirnya kembali lancar setelah jalur dari kedua arah dibuka.

Kapolsek Pancur Batu AKP Dedy Dharma, SH ketika dikonfirmasi mengatakan, asal api masih dalam penyelidikan. Namun, dari keterangan saksi mata di lapangan, diduga akibat korsleting listrik dari rumah Laksana Ginting.

“Dari lokasi kejadian, kita mengamankan sisa barang yang terbakar sebagai barang bukti. Dan untuk keperluan penyidikan, di sekitar lokasi kita pasang garis polisi (line police),” ujar  AKP Dedy.*