50 Rumah Hancur Akibat Angin Puting Beliung, BPBD Batu Bara Akan Dirikan Tenda Pengungsi

Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:01 WIB
Batu Bara, MPOL : Sedikitnya 50 unit rumah porak poranda diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sei Balai dan Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara, Jumat petang.
Plt Kepala Dinas (Kadis) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, Syakban membenarkan puluhan rumah warga hancur diterjang angin puting beliung dan hujan deras di Kecamatan Sei Balai dan Datuk Tanah Datar.
Dikatakan, ketika mendengar informasi ada korban angin puting beliung, dirinya dan anggota langsung turun kelokasi. Kemudian berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat, untuk mendata jumlah rumah yang menjadi korban angin puting beliung.
“Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, jumlah kerugian materil masih dalam penghitungan, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah lebih,”  katanya.
Data terakhir yang masuk ke BPBD, 6 Desa yang terkena musibah diantaranya, Desa Perkebunan Sei Bejangkar 20 unit rumah rusak, Benteng Jaya 19 rumah,  Durian 4 rumah, Bangun Sari 5 rumah, Tanah Timbul 1 rumah dan Desa Sei Balai 1 rumah.
Dari bencana tersebut saat ini team BPBD Kabupaten Batu Bara melakukan pengecekan dan evakuasi bahan material langsung kelapangan bersama Dinas Perkim untuk menginventarisir dampak serta kerusakan sarana prasarana yang di akibatkan angin puting beliung. Selain itu, BPBD juga memberikan himbauan ke warga agar tetap waspada.
Dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara segera membantu menyediakan material guna kebutuhan perbaikan dan kebutuhan lainnya. “Untuk sementara korban angin puting beliung menumpang di rumah keluarga dan tetangga, dan malam ini juga BPBD akan mendirikan tenda pengungsi sementara,” pungkas Syakban. **