15 Kali Begal Sepeda Motor Rahmadani Ditembak Polisi

Jumat, 14 Februari 2020 | 23:50 WIB

Belawan (medanposonline.com)Rahmadani alias Dani (32) warga Pasar IV Kelurahan Rengas Pulau, Medan, Sumatera Utara, harus meringgis menahan sakit akibat kaki sebelah kanannya ditembak petugas satuan Reserse Polres Pelabuhan Belawan.

Pasalnya, karena pria pengangguran dan disebut selalu membawa pisau yang diselipkan di balik pinggang itu berupaya kabur dari sergapan petugas terkait aksi kriminal pelaku yang kerap melakukan aksi begal (merampok) sepeda motor.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP DR. Mhd. R. Dayan SH, MH didampinggi Kasat Reskrim AKP Jerico dalam keterangannya. Jum’ at (14/2/2020) menyebutkan, pelaku sudah 15 melakukan aksi begal (merampok) sepeda motor diwilayah Polres Pelabuhan Belawan (marelan, medan deli dan labuhan deli), aksi terakhir pelaku di TKP Jalan Pasar III Lingkungan 14 Kelurahan Renggas Pulau Kecamatan Medan Marelan, berdasrkan laporan korban pada 30 Januari 2020 lalu, atas nama korban Sumadi yang kehilangan 2 unit sepeda motornya jenis Scoppy BK 6524 ACO dan Vario BK 4312 AFU dari dalam garasi rumah korban.

“Pelaku merupakan sepesialis aksi curat, curas dan curanmor dari keterangan pelaku bahwa dianya mengakui sudah 15 kali melakukan aksinya diwilkum Polres Pelabuhan Belawan”, ucap AKBP Dayan.

Katanya, modus pelaku korbannya dicegat dijalan lalu diancam pisau kemudian sepeda motor korbannya dibawa kabur oleh pelaku, pelaku juga tak segan-segan melukai korbanya jika melawan dan sipelaku selalu beraksi malam hari dalam menjalankan aksi begalnya.

“Pelaku kita ringkus pada 29 Januari 2020 lalu, kita mendapatkan info tentang keberadaan pelaku didaerah pasar IV Marelan Kelurahan Renggas Pulau Medan Marelan”, ujarnya.

Tambahnya lagi, saat pelaku dibawa untuk dilakukan pengembangan untuk mencari teman-temanya dan barang bukti aksi kejahatannya, pelaku melawan dan melarikan diri, anggota tim 72.1 dipimpin Kanit Resum Ipda H. Siahaan lalu melepaskan tembakan keudara sebanyak 2 kali namun pelaku tetap lari, hingga akhirnya petugas memberikan tembakan tegas dan terukur pada kaki kanannya.

“Kita tetap akan bertindak tegas kepada para pelaku begal sebagaimana himbaun Bapak Kapoldasu yang mengatakan tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan di sumatera utara ini kita akan berikan tindakan tegas dan kepada warga yang menjadi korban aksi begal, curanmor, pungli jangan sungkan untuk melaporkannya kepada petugas kita”, pungkas orang nomor satu dijajaran Polres Pelabuhan Belawan itu. (Top)