Wisuda 1122 Sarjana Unpab Diwarnai Budaya Tradisional Melayu

Rabu, 23 November 2022 | 15:33 WIB

Medan, MPOL-Universitas Pembangunan Panca Budi menggelar Wisuda ke-69 selama 2 hari pada tanggal 23 & 24 November 2022. Wisuda kali ini dilaksanakan secara luring, dengan menghadirkan kedua orang tua/wali wisudawan di Gedung Selecta Convetional Hall dengan pakaian bernuansa budaya Melayu.

Periode wisuda kali ini, kita berada dimasa transisi new normal sesuai dengan instruksi dari pemerintah yang memperbolehkan kita untuk menjalankan kegiatan secara normal namun tidak melupakan menjaga kebersihan. Melalui kerja yang cerdas, kreatif, dan inovatif membuat proses Wisuda ke-69 dapat diselenggarakan dengan baik dan penuh khidmat.

Turut hadir, Bapak Dr. H. Muhammad Isa Indrawan. SE., MM, yang diwakili oleh Ka. Sekretariat UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc dalam penyampaian kata sambutan.

“Hari ini juga telah dibuktikan bahwa wisudawan dan wisudawati telah berhasil melalui satu tahapan pendidikan dan telah siap menyandang gelar Ahli madya, Sarjana dan Magister  sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. Hal ini juga merupakan awal dari perjuangan untuk mewujudkan apa yang telah dicita-cita.

Saya berharap kepada wisudawan dan wisudawati tidak berhenti sampai ditahap ini saja. Sebagaimana yang kini sedang gencar terkait internasionalisasi, saya mengharapkan kepada para wisudawan/ti dapat mengembangkan setiap ilmu yang didapat dibangku perkuliahan tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga dapat disebarluaskan ke seluruh dunia. Sehingga masyarakan di seluruh dunia juga ikut mempelajari apa yang Ananda pelajari selama masa perkuliahan, dan dapat diaplikasikan di Negara masing-masing.” Ucap Rektor.

Di era digital ini, perguruan tinggi di dunia sudah mulai bertambah dengan sangat pesat. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data di Kemenristekdikti di tahun 2022 menunjukkan jumlah Perguruan Tinggi yang sudah mencapai 3.115 Perguruan tinggi dengan 25.548 Program Studi.

“Arah pengembangan Pendidikan tinggi di Indonesia menuju daya saing global dapat terlihat dari visi yang telah ditetapkan oleh Sebagian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), meskipun dengan istilah yang berbeda-beda. Misalnya dengan menggunakan kalimat “Unggul pada tingkat global”, “Diakui oleh dunia”, Berkelas dunia”, Berstandar Internasional”, dan seperti visi dari Universitas Pembangunan Panca Budi yaitu “World Class University”_, dan lain sebagainya.” Ucap rektor.

Turut hadir,  Para Anggota Senat Universitas Pembangunan Panca Budi dan Dewan Guru Besar Universitas Pembangunan Panca Budi, Ketua dan para anggota Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Ketua Yayasan YPDHKY, Keluarga Yayasan YPDHKY, Sultan Deli Ke-XIV Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam, Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah I, Gubernur Sumatera Utara, Bapak Kapolda Sumatera Utara, Bapak Danlantamal I Belawan, Bapak Bupati Kabupaten Langkat, Bapak Koordinator Kopertis Wilayah IX, Bapak Ketua APTISI Sumatera Utara, serta para tamu undangan lainnya beserta, wisudawan/i  lulusan UNPAB.

Dalam pendandatanganan MoU, Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi, diwakili oleh Bid. Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA.

“Universitas Pembangunan Panca Budi menjadi salah satu tempat penggemblengan mahasiswa dalam menjadi masyarakat yang memiliki karakter pribadi yang kuat dan mandiri ditengah-tengah kehidupan masyrakat  umum dimana kemandirian masyarakat menjadi salah satu  indikator berhasilnya suatu pembangunan berhasil dilakukan oleh pemerintah ataupun kalangan.

UNPAB telah melahirkan sumber daya yang unggul dan mandiri melalui kegiata tri darma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejarah telah manjadikan bukti bahwa Universitas Pembangunan Panca Budi memiliki peran besar dalam membangun masyarakat Sumatera Utara memberikan kebebasan bagi mahasiswa bersuara dengan cara yang beradab dan bermartabat”. Ucap Beliau pada pidatonya.

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ini sebanyak 1.122 orang. Pada kesempatan itu, Rektor Dr. Muhammad Isa Indrawan mengapresiasi 28 wisudawan Berprestasi dan 13 wisudawan dan wisudawati dengan IPK terbaik, yakni Puryaman Harefa (Magister Ilmu Hukum) dengan IPK 3.96, Khairun Nisa (Agriteknologi), IPK 3.84, Wahyu Saputra (Manajemen), IPK 3.88, Hermawan Pendidikan Agama Islam) IPK 3.85, Erwin padli (Peternakan) IPK 3.60, dan Juanda Ericxander Lumban Gaol (Teknik Elektro) IPK 3.79, Vinna Pratiwi Agustyn (Magister Manajemen), IPK 3.84, Arbaiyah (PIAUD), IPK 3.81, Selva Raj (Sistem Komputer), IPK 3.95. Feri Hendrizal (Ekonomi Pembangunan), IPK 3.93, Tri Gustin Silaban (Ilmu Hukum), IPK 3.93, Rini Agustina Nst (Akuntansi), IPK 3.89 dan Chairunnisa Dewi Wulandari (Perpajakan), IPK 3.85. (bp/r)