USU Peringkat 8 Versi Webometrics Indonesia

Senin, 3 Februari 2020 | 13:52 WIB

Medanposonline.com – Di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Runtung Sitepu, Unversitas Sumatera Utara (USU saat ini menempati peringkat 8 versi Webometrics Indonesia.

USU berada di peringkat 8 dan 1871 peringkat dunia (WR) berdasarkan versi Webometrics Indonesia, yang tercatat per Januari 2020.

Sebelumnya Webometrics melakukan pemeringkatan setiap bulan Januari dan Juli.

Sejak Januari 2018-Januari 2020, peringkat USU mengalami peningkatan tajam:, Januari 2018 Peringkat (World Rank=WR 4233) Indonesia 33.

“Dengan hasil yang kita peroleh peringkat 8 Indonesia, semoga USU terus maju,” ujar Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH, MHum, kepada wartawan di Medan, Jumat (31/1).

Dengan demikian, sejak Januari 2018 hingga Januari 2020, USU berhasil memperbaiki peringkatnya di tingkat dunia jadi 2362 peringkat, dan di Indonesia USU berhasil naik 25 peringkat.

Prestasi lain disabet USU pada lembaga pemeringkatan tingkat dunia lainnya, seperti Scimago Institution Ranking (SIR), bulan Juli 2019 yang lalu menempatkan USU pada Peringkat 536 dunia.

Peringkat satu Indonesia yang merupakan pemecah rekor tertinggi bagi Perguruan Tinggi Indonesia sejak 2009.

“Pada akhir tahun 2019, keberhasilan ini tidak hanya membanggakan keluarga besar USU saja, tetapi juga membanggakan masyarakat di Sumatera Utara,” kata Rintung.

Ia mengungkapkan, USU mampu mengejar ketertinggalannya dari perguruan terkemuka di Indonesia.

Runtung mengatakan keberhasilan yang dicapai USU tidak itu saja. Pada tahun 2019, telah dipublikasikan Top 200 Universities in Asian, dimana USU berhasil menempati posisi 190.

“Keberhasilan ini merupakan prestasi USU yang membanggakan semua pihak terutama civitas USU, ” pungkas Runtung.

Kehadiran Akademik

Peringkat Universitas Dunia Webometrics adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web.

Pemeringkatan dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web.

Kemudian, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia.

Pendekatan yang mempertimbangkan berbagai kegiatan ilmiah diwakili di situs akademik, yang sering diwakilkan dengan penggunaan indikator bibliometrik. (Ki)