UMA Siap Jadi Green Digital University Unggul, 675 Lulusan Diwisuda

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:52 WIB

MEDAN,mPOL Rektor Universitas Medan Area (UMA), Prof Dr Ir Dadan Ramdan M.Eng M.Sc mengatakan UMA saat ini menuju rintisan Green Digital University tahap 1. Tahun 2033 UMA siap menjadi Green Digital University Unggul dalam menghasilkan Lulusan Inovatif, Berkepribadian dan Mandiri serta profesional dalam bidang industri masa depan.
Rintisan itu sesuai sesuai visi Rektor UMA Periode 2022-2026.
Selain itu, program UMA mengacu kepada Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Peraturan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga pengelolaannya menjamin lulusannya berkualitas sesuai standar yang ditetapkan.
Hal Itu disampaikan Rektoer UMA pada kegiatan wisuda periode I tahun 2022 yang diikuti 675 wisudawan dan wisudawati di Gelanggang Mahasiswa Kampus UMA Jalan Kolam, Medan Estate, Sabtu (25/6/2022).
Wisuda mengangkat tema ‘”Global, Kolaborasi, dan Berwawasan Tanpa Batas: Universitas Medan Area Menuju Green Digital University 2033”.
Kegiatan wisuda tersebut digelar dengan dua sesi, yakni sesi pertama mulai pukul 7.30 -11.30 WIB terdiri atas Program Pascasarjana 89 orang, Fakultas Hukum 45 orang, Fakultas Teknik 151 orang, dan Fakultas Pertanian 51 orang. Total sebanyak 337 orang.
Wisuda sesi 2 mulai pukul 13.30 – 16.00 WIB diikuti 338 orang, terdiri dari FEB 138 orang, FISIP 42 orang, Fakultas Psikologi 151 orang, dan Fakultas Sains dan Teknologi 7 orang.
Lebih lanjut Prof Dadan Ramdan mengatakan Green Digital University adalah universitas yang pengelolaan akademik dan non akademiknya menggunakan penerapan technology digital serta luaran darma pendidikannya mengutamakan dan fokus pada bidang green sustainable digital, green sustainable economic and social serta sustainable engineering and environments.
*Kurikulum Green Digital University didominasi dengan penggunaan aplikasi program komputer masa depan. Diharapkan dosen dan mahasiswa mampu menciptakan aplikasi baru untuk kemudahan kehidupan masyarakat di masa depan. Sistem perkuliahannya mengutamakan sistem blended learning. Pada saat kuliah online/daring metode yang digunakan adalah sinkron dan asinkron model,” ujarnya.
Di samping itu, Ia menjelaskan bahwa Green Digital University adalah kampus yang menjaga lingkungan tetap hijau, asri, sehat, nyaman dan bersih serta aman yang pengelolaannya dilakukan secara digital.
“Jadi seluruh pengelolaan UMA berbasis digital. Selain itu, green memiliki arti lain yaitu kejujuran atau integritas sedangkan digital memiliki arti kepastian. Sehingga UMA di dalam memberikan pelayanannya mengedepankan kejujuran dan kepastian,” kata Dadan.
Pertukaran Mahasiswa
Prof Dadan Ramdan juga menyampaikan dengan terbitnya Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, saat ini mahasiswa diberi kesempatan memilih bentuk pembelajaran yang dapat dilaksanakan di luar Program Studi dan atau di luar Perguruan Tinggi maksimum 3 semester atau setara dengan 60 SKS.
“Mahasiswa dapat melaksanakan magang di dunia industri atau dunia usaha, melakukan kegiatan kewirausahaan, Kuliah Kerja Nyata Tematik, Penelitian, melakukan program kemanusiaan, Studi Independen dan Program Kampus Mengajar,” sebut Dadan.
Selain itu, ia mengungkapkan UMA melaksanakan program pertukaran mahasiswa Fakultas Pertanian program studi Agroteknologi ke Vietnam dan ke IPB, Fakultas Ekonomi Ke PGRI Madiun dan Universitas Kediri, KNEKS. Khusus di KNEKS 1 orang, mengikuti Dubai Expo, Magang di PTPN IV, PPKS dan PT. Betami, PT Pamin untuk Fakutas Teknik serta peningkatan kompetensi Dosen melalui pelatihan bersertfikat seperti MarkPlus dan BNSP.
“Kegiatan-kegiatan tersebut didukung dari Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka dari Kemdikbudristek sebesar Rp 2,7 M Tahun 1, dan tahun ke dua sebesar Rp 0,56 M. Program ini merupakan Program Bantuan yang sangat bergengsi saat ini, karen yang memperoleh bantuan tersebut hanya 142 PTN dan PTS se Indonesia. UMA juga memperoleh HIBAH Rekonstruksi Kurikulum untuk 5 Program Studi senilai 330 juta rupiah serta hibah penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebesar Rp1 M lebih,” ucapnya.
Komitmen
UMA telah melakukan berbagai kerjasama dengan institusi akademik maupun Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja, dalam dan luar negeri. Seperti Pemprovsu, PEMDA, BI, PELINDO, BANK MANDIRI, BNI, POLDA SUMUT, PTPN IV, PPKS, KNEKS, PT. BETAMI, PT. PAMIN dan lain-lain dan saat ini UMA sedang mengembangkan Kerjasama dengan Desa-desa Binaan di Sumatera Utara dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Dadan mengatakan selama 39 tahun, UMA telah menunjukkan komitmen yang besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara. UMA saat ini mengelola mahasiswa lebih dari 12.000 mahasiswa aktif.
“Tahun ini UMA berada dalam peringkat 1 versi Webometrics dari 226 PTS se- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I dan PTS Terbaik ke 18 se Indonesia Versi UniRank. UMA satu-satunya PTS di sumatera Utara yang memiliki Program Doktor Ilmu Pertanian yang tahun ini merupakan tahun kedua operasionalnya. UMA juga telah membuka Program Magister Manajemen dan Program Studi Pendidikan Agama Islam,” ucapnya.
Kampus Hebat
UMA juga diakui sebagai satu-satunya PTS di LL-Dikti Wilayah I yang mendapatkan sertifikat Green Metric versi Universitas Indonesia yang berada di peringkat 27 Tingkat Nasional, Pada Tahun 2021.
“Untuk menghadapi Perkuliahan Normal, UMA telah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang memenuhi standar protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah,” tandasnya.
Sebelumnya,Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dr Ibnu Hajar M.Si menegaskan kepada para wisudawan dan orang tua wisudawan bahwa kuliah di UMA suatu pilihan yang tepat, karena UMA merupakan kampus hebat yang makin maju pesat.
“ Kalian tidak salah pilih untuk kuliah di sini (UMA- red), Kalian tidak salah tempat , almumninya menjadi pejabat-pejabat hebat.” ungkap Prof Ibnu seraya mengapresiasi di antaranya Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang dan Perwakilan BI Sumut dan PT Telkomsel yang hadir pada wisuda sesi 1.
Sementara itu, Wakil Bupati Deli Serdang H.M. Ali Yusuf Siregar yang hadir pada wisuda sesi 2 kepada wartawan usai mengatakan pihaknya bangga banyak warga Deli Serdang yang diwisuda.
Dia berharap para warganya yang di wisuda dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di UMA untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara serta masyarakat. Pemkab Deli Serdang juga katanya sudah lama bersinergi dengan UMA untuk berbagai kegiatan kerja sama, baik kepada mahasiswa maupun dosen yang ingin mengabdi, maupn dalam penelitian. “ Pemkab Deli Serdang sudah lama bersinergi dengan UMA. Dan selaku siap bersinergi untuk meningkatkan kerjasama dan kualitas pendidikan, “ ujar Yusuf Siregar didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Siregar, Drs HM Erwin Siregar MBA, Camat Percut Sei Tuan, Ismail, Kepala Desa Medan Estate Arsyad Lubis, serta Kahumas UMA, Suwarni S.Sos.
Di luar gedung acara wisuda, juga akan digelar Ekspo Kewirausahaan yang menampilkan karya-karya mahasiswa baik prestasi mahasiswa maupun kuliner.bp