UINSU Akan Prioritaskan Calon Mahasiswa Asal Kota Tebing Tinggi

Senin, 15 Februari 2021 | 16:04 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) akan memberikan prioritas kepada putra putri Kota Tebingtinggi yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Bisnis Islam.
“UINSU telah menyatakan kepada kita, bahwa untuk anak Tebingtinggi, akan diberikan prioritas melalui jalur undangan. Mahasiswa dari luar Kota Tebingtinggi juga nanti akan difokuskan untuk di kampus Tebingtinggi,” kata Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan melalui Juru Bicara Pemko selaku Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagain, Senin (15/2/2021) di Balai Kota. Hal ini terkait dengan rencana hibah eks Gedung Akbid Tebingtinggi untuk dijadikan UINSU
Dedi Siagian menyampaikan, menurut Bapak Walikota rencana akan dibuka 2 Fakultas, tetapi tak tertutup kemungkinan dibuka untuk Fakultas lainnya. “Antara lain kemungkinan kalau UIN buka Fakultas Kedokteran. Ditempat kita banyak Rumah Sakit, kalau ada yang mau tempat praktek, tempat Co-As. Tapi dengan 2 Fakultas ini kita harap nantinya berkembang,” ujarnya.
Walikota menjelaskan bahwa membangun Universitas ini sudah bukan tugas kita sebagai Pemerintah Daerah, ini tugas Pemerintah Pusat sesuai peraturan. Karena UIN Sumatera Utara dibawah Kementerian Agama, maka akan menggunakan dana APBN dan syarat utama nya lahan tersebut harus dihibahkan terlebih dahulu.
Sebab kata Walikota, UIN Sumatera Utara tidak akan bisa membangun bangunan diatas lahan yang bukan miliknya. Dalam hal hibah ini tidak ada yang dirugikan, dari pemerintah kembali ke pemerintah juga. UIN Sumatera Utara juga Fakultas Umum yang bisa diikuti semua suku, agama dan ras, kata Dedi Siagian.
“Saya usahakan ini juga untuk anak – anak Tebing dan sekitarnya, kualitas SDM dan ekonomi jauh lebih meningkat. Kalau tidak ada magnet di kota Tebingtinggi, maka tidak ada orang mau datang ke Tebingtinggi. Mudah – mudahan ini terwujud saya mohon dukungannya,” ujar Walikota melalui Kadis Kominfo.
Terkait rencana Pemko Tebingtinggi menghibahkan eks Akbid kepada pihak UIN Sumatera Utara telah mendapat dukungan berbagai pihak dari eleman masyarakat dan dunia pendidikan. Proses hibah saat ini tinggal menunggu persetujuan pihak DPRD Tebingtinggi. **