UHN Medan Gelar Wisuda Sarjana, Profesi dan Magister, Rektor : Miliki Kompetensi dan Jangan Takut Gagal

Senin, 23 Mei 2022 | 17:10 WIB

 

Medan,MPOL: Untuk kedua kalinya, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana, Profesi dan Magister Periode I Tahun Tahun Akademik 2022/2023 di Auditorium dan Chapel Lantai 3 UHN Medan,secara tatap muka terbatas Sabtu (21/5/2022).

Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH, MH secara resmi mengukuhkan 601 wisudawan, yang terdiri dari 476 lulusan Sarjana, 90 lulusan Magister dan 35 Profesi Dokter.

Wisuda dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker, wajib vaksin minimal dosis ke-2 dan wajib menscan aplikasi Peduli Lindungi sebelum masuk Auditorium.

Pada prosesi  ini juga hanya dihadiri oleh wisudawan, perwakilan orang tua wisudawan terbaik, Pimpinan dan Senat Universitas tanpa menghadirkan orang tua dan tamu undangan lainnya.

Sedangkan untuk orang tua wisudawan/i lainnya dapat mengikuti acara melalui live streaming melalui kanal YouTube UHN Medan Official. Kegiatan ini juga dipantau Gugus Kota Medan.

Dihadapan para wisudawan dan orang tua wisudawan terbaik serta Civitas Akademika yang hadir di acara wisuda ini, Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH, MH menyampaikan pesan kepada wisudawan selaku insan intelektual agar memiliki kompetensi.

“Ketatnya persaingan dalam semua aspek kehidupan membuat kita harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan, baik pendidikan dan pengalaman selama menjalani kuliah di UHN, begitu juga dalam berpikir dan bertindak yang mengedepankan perilaku bermartabat dan berbudaya. Demikian juga di dalam perjuangan mencapai kesuksesan, jangan pernah takut gagal karena sesungguhnya kegagalan ada jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses,” ucap Rektor UHN Haposan Siallagan.

Rektor juga berharap kepada semua lulusan untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi membawa nama UHN Medan serta memberikan sumbangsih kepada almamater.

“UHN Medan tercatat sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki alumni yang paling banyak di Sumatera Utara, termasuk yang meraih beasiswa studi lanjut ke jenjang S2 dan S3.

“Untuk itu, kami mengundang alumni yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3, UHN Medan bersedia mendukung keinginan tersebut”, ujarnya.

Turut hadir Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si yang mengucapkan selamat kepada orang tua dan juga wisudawan yang sudah mencapai prestasi yang diidamkan oleh keluarga. Tentu hadiah lulusnya anak kita mempersembahkan gelar sarjana, magister, profesi saya rasa hadiah yang tidak bisa digantikan, tidak bisa ditebus dengan uang tapi jauh dari itu inilah bukti pengabdian dari anak-anak kita kepada bapak ibu yang hari ini di persembahkan nya untuk kita”, katanya.

Prof. Dr. Ibnu Hajar juga mengapresiasi capaian-capaian yang sudah dicapai oleh kampus Nommensen.

“Satu-satunya kampus di Sumatera Utara yang memiliki PLTS baru Nommensen. Ini bukti kinerja yang luar biasa. Sudah wajar kampus ini menjadi salah satu yang kita angkat benderanya menjadi bendera yang berakreditasi A. Tidak sampai disitu, saya terkejut karena ada guru besar ketika pengurusan jenjang cukup hanya 5 bulan dan tidak pernah ada catatan sejarah dalam LLDIKTI mengurus jenjang Profesor secepat itu. Dan  itu dosen nya dari kampus Nommensen. Jadi kalian harus bangga dengan kampus ini, karena bukan hanya fisik nya yang cantik tetapi kinerja dosen nya juga luar biasa,” tambahnya.

Laporan Pendidikan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I, Dr. Richard AM.Napitupulu bahwa tahun ini, UHN Medan berhasil mencetak lulusan sebanyak 601 wisudawan/i tersebut terdiri atas Fakultas Ekonomi dan Bisnis (210) orang, Fakultas Ilmu Sosial (2) orang, Fakultas Hukum (35) orang, Fakultas Psikologi (4) orang, Fakultas Teknik (22) orang, Fakultas Peternakan (8) orang, Fakultas Pertanian (35) orang, Fakultas Bahasa dan Seni (27) orang, Fakultas Kedokteran (62), Program Profesi Dokter (35) orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (71) orang dan Program Pascasarjana (90) orang dengan (24) wisudawan terbaik.

Turut hadir mewakili Pengawas Yayasan UHN Medan, Dr. RE Nainggolan, Sekretaris Yayasan, St. Dr. Hilman Pardede, M.Pd beserta anggota pengurus lainnya.

“Ada 3 (tiga) senjata supaya sukses setelah selesai dari sini, yaitu pertama, kompetensi akademik (kemampuan berpikir), kompetensi sosial (pengalaman dan kontekstual) dan kompetensi metafisik/spiritual.” ujar Hilman.

Hal senada juga disampaikan Dr. RE Nainggolan kepada para wisudawan yang akan memasuki gerbang dunia yang baru harus membangun diri nya dengan terus belajar.

“Kembangkan minat dan bakatmu dalami dengan benar karena dengan itu wisudawan akan dapat memiliki optimisme,” ucap tokoh masyarakat Sumut ini.

Sementara ucapan terima kasih disampaikan oleh perwakilan orang tua wisudawan terbaik dari Fakultas Kedokteran, Dameria Panggabean dan wisudawati terbaik dari FEB, Maria Laia, S.E kepada para dosen yang telah mendidik, membimbing serta menjadi orang tua bagi selama menjalani proses pendidikan di UHN Medan.

“Pada hari ini kita telah mencapai suatu puncak dalam perjuangan kita di sebuah perguruan tinggi. Kita juga memiliki tujuan yang mulia yaitu mempunyai kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia seperti yang terdapat dalam semboyan kampus kita Pro Deo et Patria- Untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi melalui bidang kita masing-masing. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua kami atas dukungan doa dan nasihat yang senantiasa mengingatkan kami untuk melaksanakan Amanah serta untuk setiap tetesan peluh yang jatuh demi kelancaran studi kami,” tutup Maria.***