Rektor Unimed Ajak Mahasiswa Baru Manfaatkan Program Merdeka Belajar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:42 WIB

Medan, MPOL- Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengajak mahasiswa baru memanfaatkan program Merdeka Belajar untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) lain dan dunia kerja.

Ajakan itu disampaikan Rektor Dr Syamsul Gultom pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Medan (Unimed) tahun akademik 2022/2023 yang dilaksanakan secara livestreaming di Ruang Sidang A Biro Rektor, Kamis (11/8/2022).

Hadir dalam acara itu Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, para wakil rektor, dekan dan wakil dekan, direktur dan wakil direktur sekolah pascasarjana, pimpinan lembaga serta fungsionaris di lingkungan Universitas Negeri Medan.

Dikatakan Rektor, saat ini program Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim sedang gencar-gencarnya menerapkan program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)”. Hal itu berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Dan Unimed telah mengambil kebijakan dalam mengimplementasikan “Merdeka Belajar” dalam kurikulum mulai tahun lalu.

Dijelaskannya, mahasiswa baru Unimed akan diberi pilihan untuk kuliah 3 semester di luar program studinya, yakni belajar 1 semester pada program studi lain pada kampus yang sama, belajar 1 semester dalam program studi yang sama pada kampus yang berbeda, dan belajar 1 semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan-perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya.

“Saudara semua mahasiswa baru, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program ‘Merdeka Belajar’ selama studi di Unimed. Kebijakan pemerintah ini, sungguh memiliki tujuan mulia yakni agar lulusan perguruan tinggi memiliki kesiapan diri secara matang, baik keilmuan dan skill yang dibutuhkan dunia kerja, sehingga setelah tamat peluang kerja di berbagai bidang akan terbuka luas,” harap Rektor.
Dia juga menyebutkan, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos dalam program Kampus Mengajar, yang akan mengabdi seluruh daerah kabupaten/kota di Indonesia.

Dr Syamsul menambahkan, tahun 2022 ini, semester ganjil 2022/2023, mahasiswa Unimed yang kuliah di PTN luar ada 322 orang, semuanya kuliah di kampus terbaik, ada di UI, UGM, ITB, Unpad dan PTN lainnya. Sedangkan ada 326 mahasiswa perguruan lain yang kuliah di Unimed, mereka juga dari kampus-kampus terbaik di Indonesia. Selain itu ada 3 orang mahasiswa Unimed yang lulus kuliah di luar negeri yakni Asia dan Eropa.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Universitas Negeri Medan Tahun 2022 yang telah diterima melalui seleksi yang sangat ketat dari tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Tercatat bahwa peminat yang ingin masuk menjadi mahasiswa Unimed tahun 2022 ini ada 57.843, sedangkan yang diterima ada 7.984 orang. Saat ini Unimed memiliki 81 Program Studi, di antaranya 1 Prodi D3, 53 Prodi S1/D4, 2 Prodi Profesi, 19 Prodi S2 dan 6 Prodi S3. Dari 81 Prodi yang kita miliki, sudah 58 % atau 47 Prodi sudah memperoleh akreditasi “A”, 5 prodi akreditasi “Unggul”. Sementara 16 Prodi akreditasi “B”, 3 Prodi akreditasi “Baik Sekali”, 9 Prodi akreditasi “Baik”, dan ada 6 Program Studi Baru.

Dr Syamsul mengatakan, Unimed merupakan salah satu kampus terbaik di Provinsi Sumatera Utara. Kampus “The Character Building University” ini merupakan perguruan tinggi negeri yang pertama meraih akreditasi A di tahun 2016, kemudian disusul USU tahun 2018 dan UMSU tahun 2019.
Pada Agustus 2020 yang lalu, Unimed menjadi perguruan tinggi peringkat 29 dari 2136 kampus yang ada di Indonesia. Ribuan mahasiswa Unimed telah berhasil mengukir prestasi tingkat internasional, nasional dan regional. Baru saja, 3 Agustus 2022, paduan suara mahasiswa Unimed berhasil meraih 4 medali emas pada event Internasional Choir Festival di Bali yang diikuti oleh 28 negara.

Medali emas di ASIA’s Art Festival 2022 di Singapura, Medali Perak di Innoverse Expo 2022 di Amerika, dan Medali Emas, Perak dan Perunggu di International Walisongo Science Competition 2022 di Indonesia, serta ratusan prestasi mahasiswa Unimed di tingkat regional, nasional dan Internasional.

“Kami berharap besar kepada semua saudara anak-anak kami mahasiswa baru Unimed tahun 2022, agar mempersiapkan diri secara serius dan matang. Semoga melalui saudara semuanya, prestasi mahasiswa Unimed akan semakin meningkat. Unimed siap mengantarkan saudara menuju gerbang prestasi dunia,” ujar Rektor.

Sebelumnya, Ketua PKKMB Unimed Irwansyah Siregar melaporkan, PKKMB diikuti 7.984 mahasiswa baru Unimed. PKKMB digelar selama dua hari (11-12/8/2022). “Untuk hari pertama digelar lewat streaming. Sedangkan hari kedua digelar di fakultas masing-masing,” kata Irwan.
Acara pembukaan PKkMB diisi dengan orasi ilmiah Ketua Senat Unimed Prof Syawal Gultom. Dia memotivasi mahasiswa baru agar mengubah mindset, yakni pola pikir pelajar ke pola pikir mahasiswa. “Jadikan kalian yang punya kemanfaatan untuk masyarakat dan lingkungan masing-masing ” tutur mantan Rektor Unimed ini. (bp)