Personil Humas Polres Samosir Ikuti Rakernis Bidang Kehumasan dan Pelatihan Aplikasi Sejajaran Polda Sumut

Kamis, 15 September 2022 | 12:41 WIB

Medan, MPOL: Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi S.IK.SH membuka kegiatan Rakernis bidang Kehumasan dan Pelatihan aplikasi diikuti Polres Sejajaran Polda Sumut, Kamis (15/9/2022) di Resto Budaya, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tampak hadir Kasubbid Penmas AKBP Herwansyah Putra, Kasubbid PID AKBP Rinaldo, Kasi Humas , Kasubsi PIDM , Pewarta Photographer dan Seluruh personil kehumasan sejajaran Polda Sumut.

Dari personil Polres Samosir, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH. MH, memerintahkan Brigadir Surahman Ps Kasubsi PIDM Humas Polres Samosir Dan Bripda Reyson Simbolon sebagai operator Humas Polres Samosir.

“Rakernis, Seminar, sarasehan dan pelatihan SPIT ini, kita lakukan agar semua kehumasan dikewilayahan terjalin silaturahmi yang baik, termotivasi dan juga ini penting buat ilmu kehumasan para personil yang dibidang kehumasan,” ujar Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi dalam kata sambutannya.

Para personil Humas, Tegas Hadi Wahyudi, harus kuat dalam menelaah dan memberikan informasi kepada masyarakat sehingga dalam memberikan informasi menjadi faktual, berimbang, terpercaya dan terbuka.

“Informasi itu harus transfaransi agar semua pihak yang menerima informasi tersebut tidak menimbulkan tanda tanya yang dapat menimbulkan, kesimpulan kesimpulan negatif yang dapat menimbulkan opini jelek dihati masyarakat,” ujar Hadi.

Ditegaskan, personil kehumasan tidak boleh terpengaruh pada postroad.

“Saya ingin teman teman Humas, bekerja seperti wartawan, lakukan investigasi informasi yang fakta”. Tegasnya.

 

Juru bicara Poldasu itu menambakan, terkait informasi yang negatif dan positif, rekan humas harus berani melakukan challange dengan rekan rekan media dan pers mau online, cetak dan visual, agar saling memberikan input dan output yang baik dalam hal informasi.

“Jadilah diri kita sebagai Jurnalisnya Polri, dan tempatkan posisi kita sebagai personil yang dapat menginvestigasi informasi dengan baik, dan teruslah belajar,” ungkapnya.

“Buatlah komposisi berita yang menarik dan baik untuk dikonsumsi publik, teruslah berbuat baik ,kita lakukan dengan memberikan informasi transfaransi dan baik,” pungkas Hadi.

 

Sementara itu, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon mengatakan, dua personil Humas mengikuti pelatihan kehumasan di Polda Sumut.

 

“Ya , saya kirimkan dan perintahkan dua Personil kita dari kehumasan, karena kegiatan itu adalah materi ilmu yang baik, diera digital 4.O , kita harus mengikuti perkembangan zaman dalam bidang informatika publik dan aplikasi kehumasan “. Pungkasnya.***