Penyerahan Aset Kepada UINSU Tinggal Menunggu Persetujuan DPRD Tebing Tinggi

Rabu, 20 Januari 2021 | 16:03 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Rencana Pemerintah Kota Tebingtinggi menyerahkan aset bekas Gedung Akbid kepada pihak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) tinggal menunggu persetujuan pihak DPRD Kota Tebingtinggi. Nantinya pihak UINSU akan membangun Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam di Tebingtinggi.
Pihak DPRD Tebingtinggi telah melakukan rapat pertemuan dengan Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dan pihak UINSU, Rabu (20/1/2021) di Ruang Rapat DPRD setempat. Rapat tersebut mendengarkan persentase atau pemaparan dari Rektor UINSU Prof Dr H Syahrin Harahap terkait rencana pembukaan 2 Fakultas UINSU di Tebingtinggi.
Usai Rapat dengan pihak DPRD, Walikota Umar Zunaidi menyampaikan, tindaklanjutnya kita tinggal menunggu rekomendasi dari DPRD dan kita serahkan kepada UINSU. Pihak UINSU sudah merencanakan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021-2022 dilakukan di Tebingtinggi untuk 2 Fakuktas yakni Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Bisnis Islam.
“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dewan yang terhormat yang telah memberikan pandangan yakni, kita tidak boleh melanggar ketentuan dan peraturan terkait pelaksanaan hibah aset Pemko Tebingtinggi kepada pihak UINSU. Karena nilai yang akan dihibahkan diatas Rp. 5 Miliar maka dibutuhkan rekomendasi DPRD,” kata Walikota.
Walikota juga menyampaikan, kita juga meminta penjelasan dari Bapak Rektor UINSU dan telah memberikan garansi dan jaminan bahwa dibuka di Tebingtinggi dan akan dikelola secara maksimal oleh UINSU. “Jadi ini merupakan langkah baik bagi perkembangan Kota Tebingtinggi dibidang pendidikan tinggi,” ujar Walikota.
Sementara itu Rektor UINSU Prof Dr Syahrin Harahap dalam menanggapi tanggapan DPRD menyampaikan, alhamdulillah sesuai dengan arah Rapat Dengar Pendapat dengan Walikota dan DPRD Tebingtinggi hari ini, maka bila penyerahan aset telah dilakukan kepada UINSU, kami akan segera melakukan persiapan.
Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, insyaallah akan kita lakukan di Tebingtinggi, dan kita akan berupaya meskipin disini kampus baru, tetapi dengan pengalaman yang dimiliki UINSU, kami akan mengelola kampus ini dengan baik sebagaimana juga seperti kampus-kampus UINSU yang Lainnya dibwrbagai tempat di Sumatera Utara.
“Dengan dibukanya Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Bisnis Islam, kami berharap dapat mendorong lahirnya para sarjana Islam dibidang kesehatan dan ekonomi. Hal ini juga sekaligus mendukung pengembangan Ekonomi Islam dan dalam hal membangun Kesehatan Masyarakat,” harap Rektor UINSU.
Terkait persiapan DPRD Tebingtinggi dalam merekomendasikan penyerahan hibah aset tersebut, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution menyampaikan, DPRD sendiri tentunya memiliki mekanisme dalam mengambil keputusan. Secepatnya kita akan melakukan rapat-rapat di DPRD untuk mengambil keputusan.
“Tentu dalam hal ini dibutuhkan persetujuan DPRD, tahapannya itu, ya mulai dari kita mengambil keputusan, mulai dari Banmus kita Banmuskan, kita paripurnakan, lalu kita rapatkan untuk mengambil keputusan,” katanya.
Insyaallah bulan ini kita kejarkan karena harapan dari UINSU juga bahwa tahun ajaran ini mereka akan membuka pendaftaran mahasiswa. Kita berharap ini bisa dilaksanakan secepat mungkin, jelas Ketua DPRD Tebingtinggi. **