Konsenterasi Berbasis Digital Bisnis

Pascasarjana UMA Buka Prodi Magister Manajemen

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:01 WIB

Medan,MPOL- Pascasarjana Universitas Medan Area (UMA) menambah satu lagi program studi magister. Sebelumnya, Pascasarjana UMA sudah memiliki 4 prodi magister dan 1 doktoral, yakni Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik (MAP), Magister Agribisnis (MA), Magister Ilmu Hukum (MH), Magister Psikologi (M.Psi) dan Doktor Ilmu Pertanian (DIP).

Prodi Magister Manajemen (MM) ini telah mengantongi izin dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sesuai SK Nomor 37/E/O/2022, dan Tahun Akademik 2022-2023, program ini segera menggelar perkuliahan dan pendaftaran bagi mahasiswa baru, juga sudah dimulai.

Demikian disampaikan Direktur Pascasarjana UMA Prof Dr Ir Retna Astuti Kuswardani MS didampingi Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Prof Dr Ir Yusniar Lubis M.MA, Ketua Prodi Magister Manajemen Dr Sugito SE, M.Si dan Sekretaris Yuni Syahputri SE, MSi kepada pers, Senin (1/8) di kampus Pascasarjana UMA Jalan Setia Budi, Medan.

Prof Retna mengatakan, program studi ini benar-benar telah dipersiapkan dengan matang, mulai dari kesiapan dosen, kurikulum dan lainnya dengan baik. Sebab itu, katanya, mereka berkeyakinan prodi ini dengan segala keunikannya, konsenterasi maupun profil alumni yang telah dimilikinya, akan mampu bersaing dengan prodi magister lainnya. “Bahkan kami berharapkan jauh lebih baik dan unggul dari yang lainnya,” ujarnya.

Sebab, katanya lagi, baru pembukaan saja, Prodi Magister Manajemen ini telah mengembangkan sayap bukan saja di tingkat Sumut dan nasional, bahkan hingga mancanegara.
“Untuk pendaftaran saja kita membuka jalur internasional, bekerjasama dengan lembaga pendidikan di luar negeri dan peminatnya juga cukup besar. Karenanya kita berharap nantinya akan muncul produk-produk seperti publikasi internasional,” ujar Prof Retna yang menegaskan bahwa dosen Prodi MM pun diwajibkan menguasai Bahasa Inggeris.

Prof Retna juga menyampaikan Prodi MM UMA yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim sesuai Akta Nomor 02 tanggal 27 Desember 2011 dibuat notaries Hajjah Jasmi Rivai SH dan telah dicatat dalam daftar yayasan berdasarkan surat Dirjen AHU Kemenkum HAM RI Nomor AHU-AH.01.06-633 tanggal 30 Agustus 2012 dan telah disahkan dengan Kepmenkumham Nomor AHU-0000086.AH.01.05 Tahun 2019 tanggal 1 Februari 2019 sehingga prodi MM UMA ini dinyatakan memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Sugito SE MSi menjelaskan bahwa prodi MM-UMA ini memiliki visi ‘Menjadi Prodi MM yang menghasilkan lulusan unggul dalam manajemen bisnis konvensional dan modern, professional serta memiliki wawasan global pada tahun 2035. Sedangkan misi, 1. Menyenelnggarakan pembelajaran sesuai KKNI agar memperoleh dan menghasilkan lulusan yang unggul berstrata S-2 Magister Manahemen.

2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah agar berkontribusi pada IPTEK dalam bidang manajemen. 3 Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang ekonomi dan bisnis dalam lingkup manajemen serta menjalin kerjasama industry, pemerintah dan swasta dalam membangun kemampuan manajerial dan pengetahuan manajemen. 4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik, bersih, transfaran dan akubtabel, serta 5. Melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan industry dalam rangka menghasilkan lulusan yang professional dan unggul dalam bidang manajemen.

Sedangkan tujuan pendiriannya, 1. Menciptakan nilai dan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dengan menghasilkan lulusan magister manajemen bereputasi nasional dan internasional pada bisnis berbasis digital. 2. Menciptakan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan dengan menghasilkan keilmuan, kepakaran yang unggul dalam bisnis berbasis digital.

Dan, 3. Menciptakan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan dengan membangun ekosistem berbasis digital yang mendukung terciptanya kolaborasi strategis antara akademisi, pemerintah, industry, media dan komunitas yang secara luas berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi social masyarakat serta bagi pengembangan ilmu pengetahuan manajemen berbasis digital.

Sugito juga menjelaskan bahwa system pendidikan di prodi MM-UMA dilakukan berdasarkan SKS dengan lama pendidikan normative 4 semester dengan total beban studi 41 SKS, dengan 3 konsenterasi, konsenterai kewirausahaan dan Bisnis Start Up/ Digital Bisnis, Konsenterasi Manajemen SDM dan Konsenterasi Manajemen Strategi.
Pelaksanaan perkuliahan secara daring dan luring dengan staf pengajar terdiri dari praktisi dan akademisi yang berkompeten di bidangnya masing-masing. (bp)