SDM dengan Kompetensi yang Adaptif

Pangdam dan Wakil Ketua DPRD Medan Hadiri Wisuda Politeknik Unggul LP3M 

Minggu, 20 November 2022 | 19:50 WIB

Medan,MPOL-Lulusan Politeknik Unggul LP3M Medan harus terus belajar agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kompetensi yang adaptif, fleksibel dan innovatif. Ahli madya politeknik ini juga terus menguasai IT, menguasai bahasa Internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking.

Pidato ini disampaikannya saat mewisuda 139 ahli madya politeknik tersebut di Hotel Grand Inna Medan, Sabtu (19/11). ”Kembangkan kemampuan dimana pun Saudara berkarya. Berbuat baik pada sesama,” kata Direktur Politeknik Unggul LP3M Medan Dr Ramen Antonov Purba MKom.

Turut hadir dalam wisuda Pangdam I Bukit Barisan diwakili Pamen Ahli Pangdam I Bukit Barisan Kolonel Inf Takkas Gultom

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Unggul Khairul Ummah yang juga Sekretaris Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Sumut HM Nasir Mahmud SE MSi MBA, Pembina Yayasan Politeknik Unggul LP3M Hj Fitriana, Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof Dr Ibnu Hajar MSi, Wakil Ketua DPRD Medan H Ihwan Ritonga SE MM, pimpinan perusahaan mitra Politeknik Unggul LP3M dan undangan lainnya.

Direktur mengutarakan bahwa menyelesaikan studi akademik dalam situasi pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah. Ini hasil dari jerih payah, kesabaran, ketabahan, dukungan moral dan doa dari segenap keluarga dan kerabat,” katanya.

Direktur Politeknik Unggul LP3M merinci bahwa wisudawan terdiri dari lulusan Akuntansi 70 orang, Komputerisasi Akuntansi 17 orang, Manajemen Informatika 27 orang, Manajemen Pemasaran 20 orang dan Sekretari lima orang.

Politeknik Unggul LP3M, lanjut direktur, juga terus untuk melakukan pengembangan untuk menjawab tantangan zaman dengan mengembangkan program sarjana terapan. Mulai tahun 2019 terdapat satu program studi berjenjang S1 terapan yakni Akuntansi Perpajakan. Pihaknya juga sudah diberikan rekomendasi dari LLDikti Sumut untuk membuka program studi berjenjang S1 terapan Logistik Niaga-Electronic.

Dari segi kurikulum perkuliahan, ia menyebut bahwa Politeknik Unggul LP3M mengacu kepada instruksi pemerintah dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dimana praktik memegang persentase yang lebih besar dari teori.

”Mahasiswa juga diwajibkan mengikuti tujuh sertifikasi kompetensi. Bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mensertifikasi mahasiswa dalam beberapa program keahlian,” ujar direktur.

Momen haru terjadi tatkala direktur Politeknik Unggul LP3M menyerahkan ijazah kepada keluarga almarhumah Suhay Elly Padga. Ia meninggal beberapa waktu lalu, sebelum kegiatan wisuda.

Turut menyampaikan apresiasi terhadap peran Politeknik Unggul LP3M dalam mencerdaskan generasi bangsa sebagai SDM handal dan berdaya saing disampaikan Prof Dr Ibnu Hajar MSi dan H Ihwan Ritonga SE MM.

Melalui tayangan vidio, disampaikan juga ucapan selamat dari Wagubsu H Musa Rajekshah, Wakil Wali Kota H Aulia Rahman Wakil Gubernur Sumut H Musa Rajekshah, Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE, Guru Besar UIN Sumatera Utara Prof Muzzakir.

Kemudian Regional CEO Bank Mandiri Region I Wiono Budi Tjahyono, General Manager PT Waruna Nusa Sentana H Ir Erwin Afrizal MM, Kajari Deliserdang Dr H Jabal Noor SH MH, perwakilan Kapolresta Deliserdang Kompol Dr Sri Pinem SH MKN dan Dirut PDAM Tirtanadi H Kabir Debi MBA. Mereka mendoakan politeknik berjaya, bermanfaat dan mendidik generasi terbaik.

Diserahkan pula cendera mata ungkapan terima kasih pada Pangdam I Bukit Barisan yang diterima Pamen Ahli Pangdam I Bukit Barisan Kolonel Inf Takkas Gultom. Penghargaan juga diserahkan pada lulusan terbaik dari tiap prodi. Indah Mariana Silaban (Akuntansi), Santalia Simanjuntak (Komputerisasi Akuntansi), Muhammad Jefri (Manajemen Informatika), Soni Arap Purba (Manajemen Pemasaran) dan Irma Suryani Ginting (Sekretari).

Sedangkan kerja sama yang telah terjalin yakni dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, LSP Cakra Wisata Indonesia, PT Paragon Technology and Inovation, PT Extend Interasi Indonesia, CV Royal Insan Mandiri, Chery Hotel Group, CV Garuda dan PT Payapinang Group.

Dalam kesempatan ini diserahkan penghargaan kepada dosen terbaik Politeknik Unggul LP3M Andry Roy PS SE Ak MM dan staf terbaik Politeknik Unggul LP3M Suci Yukhani AMd. Diserahkan juga beasiswa yang diterima perwakilan penerima yakni beasiswa Rifqah Syaqina Mawaddah. (bp)