MAN 3 Medan Sembelih 5 Ekor Lembu

Nurkholida : Kurban Membersihkan Sifat Hewani Dalam Diri Manusia

Kamis, 22 Juli 2021 | 18:40 WIB

Medan, MPOL – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan Nurkholida S.PdI, MPd bersyukur setiap momen Idul Adha semakin meningkatkan silaturahmi antara guru, pegawai dan keluarga besar MAN 3 lainnya. Ini artinya, makna berkurban bukan hanya menyembelih hewan kurban, tetapi lebih dari itu,, kita mengaplikasi penyembelihan terhadap sifat hewani dalam diri kita.

Ibadah qurban dengan cara menyembelih binatang ternak adalah simbolisasi dan pesan moral secara khusus dari Allah Dzat yang Maha Pencipta kepada umat manusia, yang pada hakikatnya memiliki jiwa dan mental hewani (bahimi).

Jiwa binatang ternak itu adalah orientasi hidup yang tujuannya hanya mengejar kenikmatan badani; seperti makan, minum dan lainnya. Itulah tujuan kebanyakan manusia dalam kehidupan yang harus disembelih dan dikorbankan.

Menurut Imam al-Ghazali (Ihya ‘Ulum al-Din, III/119), manusia itu mempunyai beberapa karakter antara lain yaitu memiliki karakter Al-Bahimiyah, yaitu sifat “hewani” yang apabila telah menguasai dirinya ia akan rakus, tamak, suka mencuri, makan berlebihan, tidur berlebihan dan lain sebagainya.

Jika sifat-sifat hewani dalam diri manusia tidak dihilangkan dan dibersihkan yang disimbolkan dengan binatang ternak yang dijadikan qurban, maka jiwa hewani tersebut yang akan menghalangi kita untuk taqorruban (mendekatkan) diri kepada Allah.

Penegasan itu disampaikan Bunda Nurkholida disela-sela pelaksanaan penyembelihan 5 hewan qurban yang merupakan kurban dari guru dan pegawai MAN 3 Medan yang dilaksanakan Rabu (21/7) di halaman MAN 3 Jalan Pertahanan Patumbak Medan.

Penyembelihan hewan ternak yang dilakukan langsung guru dan pegawai MAN 3 Medan turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Dr H Impun Siregar MA beserta Kepala TU nya, dengan tetap mengepankan ptotokol kesehatan.

Menurut NUrkholida, memberikan sebagian harta kepada sesama sama seperti menumbuhkembangkan sikap sosial kepada sesama umat Islam di sekitar kita. Untuk MAN sendiri, selain sebagai bentuk rasa sosial, diharakan kita dapat mengapilkasikan sifat iklash dan ketaqwaan kita.

Tahun ini kita bisa menyembelih 5 ekor, tahun depan diharap lebih. Saya berharap semua elemen di MAN 3 dapat terus memupuk kesadaran sosial,” ujar Bunda Nurkholida seraya menyampaikan terima kasih mendalam atas kehadiran Kakankemenag Kota Medan, H Impun Siregar sehingga acara penyembelihan kurban ini lebih meriah meski tetap prokes.

Kita menyiapkan sarana cuci tangan, memberikan masker grais, hanya panitia yang diperbolehkan berada di areal penyembelihan. Sedangkan, pembagian daging mulai dilakukan pukul 15.00 Wib dengan prokes yang super ketat. (Nas).