Menteri Hukum dan HAM RI Beri Sambutan pada Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas HKBP Nommensen Medan

 

Medan, MPOL: Setelah melalui rangkaian proses Pendaftaran Mahasiswa Baru, Universitas HKBP Nommensen Medan menyelenggarakan Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021/ 2022 secara daring melalui zoom meeting pada Jumat (10/09/2021) di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan.

Acara ini adalah tradisi tahunan yang diadakan setiap angkatan mahasiswa baru sebagai forum sillahturahmi antara mahasiswa dengan pimpinan universitas dan jajaran pejabat akademik serta pejabat struktural di lingkungan Universitas HKBP Nommensen Medan.

Acara dimulai dengan sambutan Ketua Panitia Acara Penyambutan Mahasiswa Baru, Libianko Sianturi, ST, MT yang dalam laporannya menyampaikan jumlah mahasiswa yang disambut berjumlah 2.011 mahasiswa sudah termasuk 150 mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP dari Kemendikbud.

Jumlah mahasiswa ini tentunya lebih banyak dari tahun lalu yang berasal dari 10 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, FakultasKedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH, MH secara resmi membuka dan menyambut mahasiswa dengan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di UHN.

“Di UHN Medan saudara akan diajak untuk mengikuti forum diskusi, kegiatan lokakarya, seminar serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ingat juga, UHN bukan hanya melahirkan lulusan yang kompeten dan ahli, akan tetapi Nommensen ingin memproduksi lulusan yang memiliki moral/ perilaku yang baik dan toleran,” ujar Haposan.

Haposan juga menekankan kesempatan belajar di UHN agar tidak disia-siakan, di era revolusi 4.0 menuju 5.0 karena mahasiswa wajib menguasai teknologi khususnya teknologi informasi dan bahasa Internasional.

“Tantangan ini haruslah dihadapi, mengingat persaingan yang ketat dan harus mempersiapkan diri agar mampu memenangkan persaingan dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi lain,” tambahnya.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Prof. Yasonna H. Laoly SH, M.Sc, Ph.D, dalam kesempatan yang sama menyampaikan sambutannya secara virtual.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI ini berpesan agar mahasiswa baru dapat mengikuti perkuliahan online secara sungguh-sungguh dan terus menambah perbendaharaan keilmuan dengan referensi yang lain sehingga menjadi mahasiswa unggulan dan menjadikan universitas ini menjadi center of excellence bersama para dosen.

“Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit di bumi. Tetapi rendahkan lah hatimu seperti mutiara di dasar laut. Kalaupun itu meleset makan kamu akan jatuh di antara bintang-bintang. Dan cita- cita itu hanya bisa diraih dengan belajar dan bekerja keras,” ucap Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan ini.

Senada dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Dr. Adlan M.M turut hadir mewakili Walikota Medan.

“Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh nilai intelejen namun juga ditentukan EQ dan IQ. Oleh sebab itu, dituntut menjadi mahasiswa yang aktif, kreatif dan inovatif dalam era digitalisasi saat ini,” ucapnya.

Beliau juga menyampaikan kepada mahasiswa bahwasanya sangat tepat dan tidak salah memilih universitas HKBP Nommensen karena universitas ini sudah cukup berpengalaman dan terkemuka di Sumatera Utara.

Kesempatan yang sama juga hadir Ketua Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Dr. Budi Situmorang, MURP.

“Jadilah petarung-petarung untuk keilmuan. Kalau kita tidak menggantungkan cita-cita yang tinggi, kerja keras dan berintegritas maka tidak akan berhasil. Kami siap membantu karena Nommensen mengutamakan kualitas pendidikan tinggi sekaligus insan-insan pembaru sesuai dengan visi Universitas ini yaitu menjadi universitas unggul, bermartabat dan berdaya saing global menuju Perguruan Tinggi berkelas dunia berlandaskan kasih Tuhan dan Ibu Pertiwi,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemakaian jaket almamater oleh Rektor sekaligus penyerahan ATM/KTM oleh Pimpinan Cabang BRI Medan Putri Hijau secara simbolis kepada 2 orang perwakilan mahasiswa baru dilanjutkan dengan pembacaan janji mahasiswa dan menyanyikan Mars Nommensen.

Selanjutnya, mahasiswa juga diperkenalkan dengan lingkungan kampus dan Penjelasan Umum dari unit kerja seperti Unit Kerja Wakil Rektor I Bidang Akademik, Unit Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Unit Unit Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Unite Unit Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Institusi. Di akhir acara, perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tempat mahasiswa nantinya untuk mengasah minta dan bakatnya.**