Matsama MAN 2 Model Medan Secara Online Berlangsung Sukses

Kamis, 15 Juli 2021 | 21:38 WIB

Medan, MPOL – Sebelum melaksanakan pembelajaran di Tahun Pembelajaran Baru 2021/2022, MAN 2 Model Medan memiliki satu kegiatan rutinitas tahunan bagi siswa baru kelas X yaitu pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Matsama dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8 sampai 10 Juli 2020. Matsama diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan secara formal oleh Kepala MAN 2 Model Medan.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Model Medan H. Irwansyah, MA mengatakan, tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Matsama di masa Pandemi Covid 19, karena wabah virus corona yang terus meningkat maka pelaksanaan Matsama dilaksanakan melalui daring/online, namun hal itu tidak mengurangi rasa semangat panitia dan peserta matsama, walaupun dilaksanakan secara daring namun tidak mengurangi nilai-nilai pendidikan madrasah, bahkan tidak ada perbedaan antara matsama yang dilakukan dengan tatap muka.

Irwansyah kembali menambahkan, pada tahun pembelajaran baru ini, sistem pembelajaran masih dilaksanakan secara daring melalui e-Learning madrasah, untuk itu madrasah sudah menyiapkan jurus-jurus jitu agar pembelajaran online sukses, siswa dan orangtua tidak dirugikan di antaranya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru MAN 2 agar bisa maksimal dalam mengajar walaupun tidak secara tatap muka.

Sementara itu menurut M. Syahru selaku penanggung jawab matsama dari pihak Osim MAN 2 mengatakan, pihak Osim telah mempersiapkan secara matang pelaksanaan matsama MAN 2 seperti mempersiapkan paket data, menunjuk wali kelas profesional dari kelas XII yang membimbing adik-adik kelas 10, menyiapkan materi-materi matsama yang berkaitan dengan lingkungan madrasah dan cara belajar di masa pandemi covid-19.

“Matsama tahun ini diikuti oleh sekitar 720 siswa/i MAN 2, adapun rangkaian acara dalam matsama yaitu materi pendidikan yang disampaikan Kepala MAN 2 dan WKM, LKBB yang dipandu dari ekskul paskibra dan pramuka, perkenelaan fasilitas, perkenalan kegiatan madrasah, perkenalan dan penampilan ekskul, perlombaan online, video edukasi oleh ekskul seni dan bahasa dan terakhir Matsama akan ditutup dengan kegiatan Khataman Alquran Virtual melalui zoom pada Sabtu 10 Juli 2021,” tutur Syahru. (nas)