Mengangkat Tema Harmoni dan Membintang

Mahasiswa Antusias Ikuti Gebyar Merdeka Belajar FKIP UHN Tahun 2022

Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:42 WIB

 

 

Medan,MPOL; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan sukses menggelar acara Gebyar Merdeka Belajar FKIP pada Jumat (29/7/2022) di Auditorium Fakultas Kedokteran UHN Medan.

Dengan mengangkat tema “Harmoni dan Membintang”,
Penyelengaraan Gebyar Merdeka FKIP ini dalam rangka melaksanakan, mengembangkan dan membina program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menurut bidang ilmu pendidikan dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa di UHN Medan khususnya FKIP melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2022.

Acara ini dihadiri oleh 1000an mahasiswa dengan didampingi oleh 1 orangtua/wali.

Acara dibuka dengan penampilan tari persembahan dan sekapur sirih oleh Duta Transformasi FKIP, sembari menyambut barisan prosesi serta dilanjutkan dengan ibadah singkat.

Acara dilakukan secara hybrid pastinya tetap mengikuti prokes ketat dan live streaming di kanal Youtube UHN Medan Official.

Chandra Ritonga, SH, selaku Ketua Panitia Gebyar Merdeka mengatakan, acara ini merupakan salah satu bentuk mempromosikan UHN Medan terkhusus FKIP dengan seluruh program studi yang dimiliki dengan beragam prestasi serta beragam beasiswa dari kampus maupun pemerintah yang dapat diterima oleh mahasiswa.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Rektor UHN serta jajaran yang senantiasa mendukung acara ini. Marilah kita sukseskan acara ini,” ujar Chandra.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rolan Manurung, S.Pd., M.Si selaku Ketua Promosi FKIP. Menurutnya, FKIP terus bertransformasi dan melakukan perubahan-perubahan. Keluarga besar FKIP diharap tetap berkontribusi untuk memajukan FKIP.

Salah satu perwakilan mahasiswa berprestasi, Chelsi Situmorang dalam sambutannya mengatakan kiranya apa yang ditampilkan ini dapat menguji dan mengolah potensi mahasiswa dalam mengikuti setiap kegiatan di kampus UHN Medan. Ia juga berharap kiranya kegiatan ini dapat dilakukan tahun depan.

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan orangtua mahasiswa, T. Br. Sihombing yang berasal dari Sibolga.

“Saya sangat mengucapkan terimakasih kepada bapak Rektor, Dekan, bapak ibu dosen. Tingginya mutu pendidikan di Nommensen ini tidak kalah dengan perguruan tinggi yang ada diluar sana. Nommensen ini sangat luar biasa mutu pendidikan. Buat mahasiswa berilah contoh beretika berbicara yang sopan, berilah contoh yang luar biasa supaya kampus kita ini terkenal di masyarakat,” ucapnya.

Pada acara ini, Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH,MH memberangkatkan 348 mahasiswa FKIP Pemenang Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan 50 mahasiswa Pemenang Kampus Mengajar 4 (KM-4).

Demikian juga Penyerahan Laporan Kerja oleh 238 mahasiswa Pemenang KM-3 dan 25 mahasiswa Pemenang Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB Batch 2).

Acara dilanjutkan dengan Rembuk dan Diskusi Program Kerja Dekan untuk TA 2022/2023, 2023/2024, 2024/2025 oleh Dekan FKIP serta Syukuran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KM-2 dosen2 FKIP yang banyak memenangkan kompetisi-kompetisi yang mampu bersaing di tingkat nasional.

Acara gebyar juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba vokal trio, lomba tari dan stand up comedy.

Sementara itu, Dekan FKIP UHN Medan, Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D mengatakan, FKIP merupakan campuran dari seni dan ilmu pengetahuan. Dimana pengajarannya menggabungkan aplikasi praktis dan teori untuk tugas dan fungsi.

“Adik-adik mahasiswa, FKIP tidak bisa sukses tanpa kesuksesan kalian. FKIP tidak bisa berkarya tanpa kalian. Karena kalianlah ujung tombak kami di fakultas. Bagaimana kami menuntun mengarahkan kalian, kami mohon kerjasama dan tetap kita saling berkolaborasi supaya semakin banyak mahasiswa yang berprestasi dan akan membintang, bekerja dan berkarya dengan rendah hati,” ujar Dekan.

Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH,MH pada sambutannya merasa bangga karena Nommensen berada di urutan ke-3 kampus peraih Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) terbanyak se- Indonesia yang didominasi oleh mahasiswa FKIP.

“Oleh karena itu kehebatan ini semua hanya dapat diteruskan kalau moto Harmoni dan membintang bisa dilanjutkan. Dalam mengerjakannya kita harus betul-betul berhikmat. Saudara adalah duta kampus kita ini. Anda cukup beruntung mendapatkan program ini dan jangan disia-siakan,” tutup Rektor.

Dipenghujung acara, Samuel J. Sinaga, M.Pd selaku pemandu acara mengumumkan juara tiap lomba. Untuk kategori vokal trio : HMP Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (Juara I), HMP Pendidikan Bahasa Inggris (Juara 2), HMP Pendidikan Ekonomi (Juara 3); Kategori Lomba tari : HMP Pendidikan  Fisika (Juara 1), HMP Pendidikan Agama Kristen (Juara 2), HMP  Pendidikan Matematika (Juara 3), dan Kategori Stand up comedy : HMP Pendidikan Bahasa Inggris (Juara 1), HMP Pendidikan PPkN (Juara 2), HMP Pendidikan Fisika (Juara 3)***