Rektor Lepas 2397 Wisudawan Angkatan 78

Lulusan UINSU Wajib Miliki 9 Karakter Ulul Albab

Rabu, 21 September 2022 | 17:27 WIB

Medan, MPOL- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA menekankan bahwa setiap lulusan perguruan tinggi ini harus memiliki 9 karakter Ulul Albâb, yakni berilmu dan memiliki kesungguhan dalam mengembangkannya, Istiqâmah dalam penegakan sikap ilmiah serta konsisten dalam penerapannya, memiliki visi keseimbangan antara pikir dan zikir.

Selain itu, mampu melakukan pendekatan integral-transdisipliner, memiliki etos dinamis dan berkarakter pengabdi, bertaqwa, berwatak Prophetic (Kenabian), dan berakhlak mulia, bersikap wasathiyyah dan memiliki wawasan kebangsaan, bervisi hadhârî (pengembangan peradaban), serta berpenampilan happy/contented/sa’âdah (bahagia)

Hal ini disampaikan Rektor Prof Syahrin Harahap saat melepas 2397 wisudawan UINSU periode ke 78, dari 8 fakultas serta 1 Program Pascasarjana di kampus 1 Jalan Sutomo Medan, Rabu (21/9/2022).

Adapun rincian para wisudawan adalah sebagai berikut: 186 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 292 orang dari Fakultas Syariah dan Hukum, 757 orang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 213 orang Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, 428 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Bisnis, 150 dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 129 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), 207 orang dari Fakultas Sains dan teknologi (FST), 85 orang untuk program pascasarjana.

Hadir antara lain perwakilan Pemprovsu, Pangdam I/ BB, Poldasu, Ketua MUI Sumut, Dewan Penyantun UINSU, anggota senat, para wakil rector dan direktur paskasarjana, pimpinan ormas keagamaan Islam, civitas akademika, dosen, orang tua dan wisudawan.
Karena itu, kata Rektor, UINSU telah menetapkan kompetensi dasar lulusan mahasiswa UIN SU, yakni mampu membaca Al-Qur’an, memahami dan mampu terkait dasar-dasar keilmuan beragama, dasar-dasar agama. Untuk itu, wisudawan harusmenjaga kompetensi itu dengan sebaik-baiknya dan terus mengasah kemampuan tersebut dalam kiprah di tengah masyarakat.

Dalam menjaga karakter ulul albab, maka di pundak saudara terdapat tanggung jawab dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Diraihnya gelar sarjana yang saat ini anda terima, bukan berarti mengakhiri proses belajar dan mengembangkan ilmu pengetahun, justru gelar sarjana ini menjadikan kita semua semakin giat belajar dan bertanggungjawab untuk mengajarkan dan mengembangkannya di tengah-tengah masyarakat. Manusia yang disebut ulilalbab adalah manusia yang menjadikansemua ruang dan waktu sebagai tempat dan waktu belajar,” ujar Rektor dalam pidatonya.

UINSU juga memiliki beragam masalah dalam mencapai tujuan pendidikannya. Dalam menyelesaikan masalah-masalah yang yang beragam dan dinamis, alumni UIN SU tidak saja menggunakan satu pendekatan disiplin ilmu yang ditekuninya, tetapi seyogyanya melibatkan tinjauan berbagai bidang dan pendekatan ilmu yang terkait dengan menghilangkan sekat-sekat dikotomi ilmu-ilmu tersebut.
Dengan demikian pembahasan, penjelasan, dan penerapan ilmunya bersifat komprehensif, holistik, kuat, dan memiliki manfaat yang besar bagi kemanusiaan dan tentu peradaban manusia. Alumni UIN SU diharapkan mampu banyak berkontribusi dalam membangun agama, bangsa dan negara.

Rektor juga menyampaikan beberapa prestasi mahasiswa tahun 2021 diantaranya:

1.Dwi Nur Annisa Juara I The International Competition of Student Academic and Creativity (INCOSAC) 2021 Cabang Film Pendek.

2.Ainun Mardiyah, Annisa Nabilah Br. Ginting Luthfi Al Faraby menjadi juara Bronze Medal at World Science, Envonment and Engineering Competition (WSEEC) 2021dengan judul penelitian“Cabbage Farming Innovation To Increase The Creative Economy In The Village Of Ndesakti In The Face Of Industry 4.0”. Atasnama yang sama, juga peraih Bronze Medal at World Science, Envonment andEngineering Competition (WSEEC) 2021. “CIESTARO (Cookies Taro) Healthy Bread asCalcium in Prevention Of Osteoporosis In Human
Body.

3.Muhammad Hadi Riva’INadya Nurcahyani Alfauzan Ramadhanny S.
Yurid Audina meraih Gold Medal World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021. Selainitu, beliau juga menjuarai Semi Grand Award at World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021dan Bronze Medal World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021serta Special Award From Association “Doza Srekja”Macedonia Environment, and EngineeringCompetition (WSEEC) 2021.

4.Luthfi Al FarabymeraihGold Medal at OCIIP WORLD IP FAIR 2021 27April 2021. Dengan Judul Inovasi : “PERMATEAKURMABIT”.

5.Astri Angraeni, Fitrah Al Mubarok, Luthfi Al Faraby, Nindya Miranda Pratiwi, Revina Yani Tarigan, meraihBronze Medal at International Science andInvention Fair 2021. Judul inovasi : “DevelopingLearning Media With the Method Fun Learning AboutInnovation As an Optimization in Increasing StudentsCourage in Taking a Stand” Jakarta. (bp)