Kunjungi SMPN I Kabanjahe, Terkelin Brahmana: Kepsek Dituntut Berinovasi Dalam Belajar Daring

Selasa, 13 Oktober 2020 | 21:11 WIB

Kabanjahe, MPOL : Ada yang menarik saat kunjungan kerja Asistensi dan Pembinaan Anggaran Daerah Kabupaten Karo, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumut, Drs Tiarta Sebayang, MM, ke Kantor Bupati Tanah Karo, Selasa (13/10/2020).

Selain menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkab Karo yang diterima langsung oleh Terkelin Brahmana, SH, MH, Bupati yang didampingi Staf Ahli, Agustin Pandia juga mengajak Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumut, Drs Tiarta Sebayang serta Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sidikalang, Nova Juliana Sianturi ke SMP Negeri I Kabanjahe yang berada di seberang Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting.

Ajakan Bupati Karo diterima Tiarta Sebayang yang memang putra daerah kelahiran Tigabinanga sekaligus silaturrahmi dengan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN I Kabanjahe, Drs Kenan Ginting, MPd. Turut didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karo, Irwan Ganti Tarigan, SPd dan Wakepsek SMPN I, Edward P, SPd, MM.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Terkelin Brahmana yang juga alumni SMPN I Kabanjahe mengatakan, walau di masa pandemi, Kepsek dituntut memiliki motivasi diri yang kuat dan meningkatkan kinerja demi kemajuan pendidikan agar kedepannya tercipta generasi yang dapat bersaing.

Menurut Terkelin Brahmana, Kepsek harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan kegiatan belajar mengajar telah dilakukan, meskipun menggunakan metode jarak jauh (Daring).

Dikatakan, cara untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, wajib memakai masker dan menghindari kerumunan. Ketika sekolah dibuka maka tentu kita tidak bisa menghindari kerumunan. “Itulah kenapa sampai hari ini, pemerintah masih melakukan pembelajaran Daring,” sebutnya.

Tambahnya, pembelajaran Daring di masa Covid-19, dibutuhkan inovasi dan kreativitas pihak sekolah. Agar pembelajaran Daring ini bisa berjalan efektif, maka diperlukan peran dari semua pihak.

Senada dikatakan Kepala Kanwil DJPb Sumut, Drs Tiarta Sebayang. Untuk mencapai itu semua, katanya diperlukan semangat dan disiplin diri juga tanggungjawab terhadap beban tugas sesuai dengan fungsinmasing masing, termasuk peran sentral orang tua siswa. Karena itu, ia mendorong agar pembelajaran Daring semakin dimaksimalkan. Karena menurutnya, inilah alternatif terbaik untuk bisa proses belajar-mengajar tetap berjalan di masa pandemi Covid-19.

Kepala SMPN I Kabanjahe, Drs Kenan Ginting, MPd dan Edward P, SPd, MM, yang menjamu makan siang Bupati Karo dan Kepala Kanwil DJPb Sumut, Tiarta Sebayang mengapresiasi kepedulian Bupati Karo terhadap proses belajar Daring di era Covid-19 ini. **