UMN Al-Washliyah Berdzikir

Hardi Mulyono : Al-Washliyah Besar Karena Orang-Orang Yang Ikhlas Dalam Berjihad

Selasa, 30 November 2021 | 20:55 WIB

Medan, MPOL | Rektor Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Dr H Hardi Mulyono SE MAP kembali meneguhkan seluruh jajaran civitas akademika UMN maupun warga Al-Washliyah agar meneladani pesan Allah SWT pada Surah As Shof ayat 10-11 yang menawarkan sebuah ‘perniagaan’ kepada umat, untuk memilih keberuntungan atau kerugian (azab pedih).

Dalam ayat tersebut, kata Rektor, Allah menekankan perlu meneguhkan keimanan kepada Allah (tu’minuna billah) dan rasulNya, dan bersungguh-sungguh kepada perintah Allah (jihad) fi sabilillah, baik jihad melalui harta maupun jiwa, sebagaimana dilakukan pemuda-pemuda pendiri Al Jam’iyatul Washliyah puluhan tahun lalu.

Pesan ini disampaikan H Hardi Mulyono pada acara UMN Al-Washliyah Berdzikir Dalam Rangka Milad Al Jam’iyatul Washliyah ke 91 yang jatuh pada setiap tanggal 30 November. Acara yang digelar di Aula OK Usman Kampus Abdurrahman Shihab UMN Al Washliyah Jalan Garu II, Medan, Selasa (30/11).

Rektor mengungkapkan, sudah 91 tahun Al-Washliyah berdiri, bayangkan sudah berapa banyak perguruan tinggi, madrasah dan unit-unit usaha lainnya dimiliki organisasi umat ini. Kalau bukan karena pertolongan Allah, mustahil kebesaran Al Washliyah masih terjaga hingga kini.

Itu semua karena perjuangan, pengorbanan, atau jihad para pendiri organisasi ini, yang ikhlas. Jadi, organisasi ini besar karena orang –orang yang ikhlas berjihad di jalan Allah, bukan karena anda professor, doctor atau apapun itu jabatannya.

Inilah, kesempatan kita berjihad, kalau kita semua rela berkorban waktu, tenaga dan fikiran, ayo sama sama membesarkan Al Washliyah, agar usianya terus bertambah hingga akhir zaman, hingga ke anak cucu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Jadi, Al Washliyah itu bisa hidup zaman berzaman,” tegas Rektor dalam acara yang dihadiri langsung Ketua Umum PB Al Washliyah KH Dr Masyhuril Khamis, mantan Ketua Umum PB Al Washliyah Dr H Yusnar Yusuf Rangkuti, serta Sekjen dan pengurus PB Lainnya, Ketua PW Al Washliyah Sumut Dr H Dedi Iskandar Batubara, pada ulama Al Washliyah KH Buya Amiruddin MS, KH Zulfikar Hajar Lc serta taushiah oleh Dr H Anhar Nasution MA.

Sementara itu, Ketua Umum PB Al Washliyah Dr KH Masyhuril Khamis SH MM berharap seluruh komponen warga Al-Washliyah mendukung upaya dalam rangka membesarkan Al Washliyah dengan melakukan ‘lompatan-lompatan’ yang lebih baik lagi kedepannya, salah satu upayanya dengan membuka krestifitas baru seperti pramuka, pencak silat dan beberapa aktifitas bermanfaat. Karena itu, kita perlu olahpikir, olahrasa dan olahraga,” katanya.

Kegiatan zikir, tilawah Al-Qur’an juga harus terus digalakkan, sehingga pada gilirannya kampus di bawah naungan Al Washliyah, semuanya dekat dengan Al-Qur’an, tentunya demi keberkahan ilmu yang didapat mahasiswa maupun pelajar di lingkungan perguruan Al Washliyah.

Acara penuh kekeluargaan itu ditutup dengan doa, serta penyerahan zakat profesi baik kepada masyarakat sekitar kampus UMN, dan beberapa mahasiswanya. Kegiatan juga seraya menyantuni sejumlah anak yatim piatu. (Bp)