Era Digital Semakin Berkembang, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Sosialisasi Digitalisasi UMKM di Masa Pandemik

Minggu, 14 Februari 2021 | 23:57 WIB

Pada awal tahun 2021 ini, Universitas Diponegoro kembali menerjunkan mahasiswa untuk melalukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Beberapa Wilayah di Indonesia. Semenjak Covid – 19 melanda Indonesia pada awal tahun 2020 KKN Universitas Diponegoro Menjadi berbeda dibanding tahun – tahun sebelumnya, KKN dilakukan di daerah sekitar tempat tinggal mahasiswa untuk mengurangi kepadatan serta memutus rantai penyebaran Covid – 19 dan akan dimonitoring secara online oleh dosen pembimbing masing – masing kelompok. KKN kali ini mengangkat Tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada tujuan pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak terhadap berbagai sektor di seluruh dunia. Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus ini juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus ini juga telah membuat pelaku UKM di Indonesia mulai gelisah.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Katadata, hanya terdapat 5,9% bisnis kecil dan menengah yang terkena dampak positf dari covid – 19. Namun terdapat 82.9 % pelaku usaha yang terkena dampak negatif pandemi. Bahkan 63,9% mengalami penurunan omzet hingga lebih dari 30%. Hal demikian tentu saja membuat para pelaku bisnis kecil dan menengah Indonesia semakin resah karena semakin lama pendapatan yang dihasilkan semakin menurun di masa pandemi.

Berdasarkan masalah yang terjadi, Mahasiswa KKN Undip membuat suatu program mengenai Pemberdayaan UMKM di masa Covid -19. program ini dibentuk agar para pelaku UMKM dapat memahami mengenai penjualan di e – commerce  dan pengiklanan barang jualan secara online.

Pak Rangga ialah pemilik dari UMKM rumahan Time to Plant yang bergerak di usaha Tanaman mengaku semenjak Covid – 19 omzet mereka turun drastis jika dibandingkan sebelum covid, sehingga Pak Rangga terpaksa mencari solusi agar penjualan kembali seperti biasanya. Disinilah Mahasiswa KKN Tim 1 Undip hadir untuk membantu bapak rangga mencari solusi dengan cara melakukan pemasaran secara online dan melakukan pengiklanan secara online.

Setelah dilakukan pengiklanan secara online yaitu dengan cara mengupload minimal 1 postingan trivia dan postingan promo, secara perlahan – lahan omzet yang dihasilkan kembali meningkat. ” Setelah dilakukan Pemasaran melalui platform Instagram, Alhamdulillah Pemasukan saya perlahan – lahan meningkat, saya harap meningkatnya omzet saya dapat seperti saat sebelum Covid,” Ujar Pak Rangga.

Dengan begitu, diharapkan para UMKM juga dapat mengikuti cara yang dilakukan oleh UMKM tanaman TimetoPlant dengan melakukan pemasaran secara Online dan penjualan secara online agar dapat terus bertahan di masa Pandemik seperti sekarang.

Fachri Hafidy – Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan KKN: Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.