DMI Sumut – UNIVA Medan Tandatangani MoU

Rabu, 7 Juli 2021 | 13:45 WIB

Medan, MPOL : Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Utara (Sumut) dan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan melakukan kerjasama (MoU) dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Kampus UNIVA Medan dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) DMI Sumut, Ustadz Drs.H. Irhamuddin Siregar, MA. Sementara dari UNIVA Medan oleh Rektor Dr. HM Jamil, MA, didampingi Wakil Rektor I Dr. Hj. Hasnil AIDA dan Wakil Rektor II, Dr. H. Alimuddin serta para Dekan.

Pada kesempatan itu, Irhamuddin Siregar mengatakan bahwa DMI Sumut sudah mengurus lebih dari 10.000 Masjid yang tersebar di seluruh Wilayah Sumut. Dan beberapa program telah sukses di galakkan oleh DMI Sumut, diantaranya untuk membantu memakmurkan Masjid dan memakmurkan umat. “Semoga program – program DMI Sumut dapat diterapkan di lingkungan UNIVA Medan dan dimudahkan Allah SWT,” ucap Irhamuddin yang datang bersama unsur pengurus PW DMI Sumut, kemarin.

Sementara Rektor UNIVA Medan, Dr. HM Jamil, MA menyampaikan, penandatanganan MoU ini merupakan sesuatu yang sangat strategis dan penting, mengingat: Pertama, UNIVA Medan adalah Kampus yang didirikan para Alim Ulama dan tempat berkumpulnya para Alim Ulama. Karena itu UNIVA tidak boleh dilepaskan dari Masjid sebagai pusat kegiatan ibadah, pendidikan dan bahkan sosial politik.

“Makanya, UNIVA Medan harus dekat dengan Masjid, termasuk Dosennya, pegawainya, mahasiswanya dan alumninya. Inilah yang menjadi salah satu pendukung dalam upaya membawa UNIVA Medan ke arah Mumtaz, hebat di sisi Allah dan Insya Allah UNIVA menjadi maju, diperhitungkan dan terdepan. Seperti yang disampaikan Ketua DMI Sumut bahwa DMI saat ini telah mengurusi lebih dari 10.000 Masjid di seluruh Wilayah Sumut,” kata Rektor UNIVA.

Disamping itu tegas Rektor, MoU DMI dan UNIVA ini juga bertujuan untuk mengeratkan silaturrahmi, termasuk dengan semua komponen masyarakat, pemerintahan di semua tingkatan, Ormas dan lembaga-lembaga lainnya. Sehingga hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendukung untuk proyek pengembangan UNIVA Medan baik dari sisi fisik, akreditasi, kualitas dan kuantitas para mahasiswa.

“Banyak hal yang diperbincangkan antara DMI Sumut dan UNIVA Medan, seperti masalah sosial dan solusinya. Kemudian tentang peningkatan kesejahteraan umat termasuk warga UNIVA Medan, DMI Sumut serta masyarakat secara keseluruhan. Semoga MoU ini membawa berkah dan bermanfaat bagi DMI dan UNIVA secara khusus dan masyarakat Sumut secara umum. Amin ya Allah ya Rabbal Al-Amin,” demikian Rektor UNIVA Medan. **