Kakanwil Kemenag Sumut Resmikan Asrama Tahfidzul Hadits MAN 2 Deliserdang

Minggu, 20 Juni 2021 | 19:33 WIB

Medan, MPOL – Kepala Kantor Kementrian Agama Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut), Drs. H. Syahrul Wirda, MM meresmikan Asrama Tahfidzul Hadits dan Pilar Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Deliserdang, kemarin. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, serta penyerahan secara simbolis, hibah gedung tahfidz tersebut dari Komite madrasah kepada madrasah.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumut hadir didampingi Kabid Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad), H. Erwin Pinanyuang Dasopang MSi, Kabag Tata Usaha M. Dr. H.M. David Saragih, S.Ag.MM. Turut hadir, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Deli Serdang Drs Abdul Haris Harahap M AP. 

Para Kepala MAN, MTs dan MIN se Kabupaten Delisedang juga turut menjadi tamu undangan menyaksikan peresmian Asrama yang diyakini merupakan satu-satunya di Indonesia. Dimana sebuah Madrasah memiliki gedung Asrama Tahfids dan Pilar Pendidikan yang mewah dan megah sepertu di MAN 2 Deliserdang.

Dari pihak MAN 2 Deliserdang, Selain Kepala Madrasah Dr. H. Burhanuddin Harahap, S.Ag, MPd, Hadir Ketua Komite Ir Khairul Amrin Harahap bersama seluruh pengurus, Kabag TU Ahmad Budiman S.Sos beserta staf dan pengawas, dewan guru dan guru-guru MAN 2 Deli Serdang.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sumut sangat bangga dan sangat mengapresiasi kemajuan pembangunan di MAN 2 Deliserdang yang begitu pesat dibawah kepemimpinan Dr.H. Burhanuddin. Terutama pembangunan gedung-gedung, pondok-pondok tahfits yang “berserakan” di madrasah itu. Apalagi asrama Tahfidzul Qur’an dan asrama Tahfidzul Hadits yang baru saja rampung pengerjaannya dan duresmikan.

Tidak tanggung-tangung, kolaborasi dan kerja keras Komite MAN 2 Deliserdang yang di Ketuai Ir. Khairul Amrin bersama pihak MAN 2 Deliserdang, berhasil membangun gedung asrama yang berbiaya sekitar Rp. 1,3 miliar itu. Biayanya bersumber dari infaq seluruh ummat Islam, khususnya yang ada di Deliserdang.

Untuk itu, Kakanwil Kemenag Sumut meminta Kabid Penmad, H. Erwin Pinanyuang Dasopang MSi, menjadikan MAN 2 Deliserdang atau yang dikenal dengan MANDUDES, sebagai pilot projeck atau contoh bagi madrasah lainnya di Sumut, agar bisa melakukan hal sama, guna lebih meningkatkan mutu pendidikan Islam di Sumut. Sebab, pendidikan Islam sangat dibutuhkan sebagai imum dan iman bagi generasi sekarang.

Disamping itu, Syahrul Wirda juga meminta Kepala MANDUDES dan Komite madrasah untuk tidak berhenti sampai disitu dalam membangun pendidikan Islam. Teruslah melakukan terobosan dan inovasi-inovasi demi kemajuan dan kenyamanan pendidikan Islam.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Deliserdang, Dr. H. Burhanuddin Harahap, S.Ag, MPd mengucapkan banyak terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumut beserta rombongan yang hadir meresmikan Asrama Tahfidzul Qur’an dan gedung Pilar Pendidikan Islam dimadrasahnya. Pihaknya bersama Komite madrasah akan terus melakukan inovasi dan pembangunan untuk kenyamanan dan kemajuan pendidikan Islam di Deliserdang, khususnya MAN 2.

Untuk pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Qur’an dan Hadits, tidak hanya berlaku bagi siswa/i MAN 2 Deliserdang, tapi juga terbuka untuk umum. Sehingga bagi seluruh ummat Islam yang ingin belajar, bisa datang ke madrasah tersebut. (dir)