Hendrik Purnama Ketua FKDT Medan Johor 2021-2024

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:33 WIB

Medan, MPOL – Hendrik Purnama, S.Sos terpilih menjadi Ketua FKDT Medan Johor Priode 2021-2024. Hendrik terpilih secara aklamasi karena menjadi calon tunggal pada Musancab IV yang berlangsung di Patumbak, Sabtu (16/10).

Ketua Forum Diniyah Takmiliyah (FKDT) Medan Ibnu Affan Hrp, S.Pd.I, memberikan apresiasi atas pelaksanaan Musyawarah Anak Cabang Musancab (Musancab) IV FKDT Medan Johor. Harapannya, pengurus baru yang terlilih, lebih baik lagi dalam menjalankan amanah organisaai.

Kegiatan Musancab 4 tahun sekali ini, lanjutnya, selain merupakan ajang silaturrahmi, juga untuk menumbuhkan keikhlasan dalam berbuat dan bekerja memajukan madrasah diniyah.

“Yakinlah, dengan keikhlasan, Allah SWT akan menambah rezeki yang lain dan membuka pintu rezeki yang luas”, ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Kasi PK Pontren Kemenag Kota Medan Ahmad Faisal mengatakan, ada 40 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang terdaftar di kemenag. Keberadaan MDTA ini tidak hidup tidak mati, tapi ada.

Kemenag sangat mengapresiasi keberadaan MDTA ini, dimana sampai sekarang masih berjuang agar Walikota Medan segera menerapkan Undang-undang Diniyah.

Namun sayangnya, banyak MDTA yang tidak mengisi emis, sehingga tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Untuk itu FKDT diharapkan bisa menjadi motor untuk menghimbau kepada MDTA agar membuat emis.

Sama-sama Berjuang

Disisi lain, Ahmad Faisal mengharapkan, Peraturan Walikota (Perwal) Wajib MDTA harus sama-sama di perjuangkan. Kementrian agama siap bekerja sama dengan FKDT.

Pasalnya, penerapan wajib diniyah merupakan hak normatif bagi pendidikan agama Islam. Ini bertujuan untuk pengembangan ilmu agama, iman dan juga akhlak generasi penerus Islam.

Sementara itu, pelaksanaan Musancab IV FKDT Medan Johor diikuti 38 dari 40 madrasah se Kecamatan Medan Johor. Peserta merupakan Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang ada di kecamatan tersebut.

Diakhir acara, Sekretaris FKDT Medan, Bardansyah Nst, S.HI, S.Pd.I dalam pidatonya mengucapkan selamat atas terpilihnya ketua baru. Mudah-mudahan amanah ini menjadikan FKDT Medan Johor lebih baik lagi.

Acara yang di buka Ketua DPC FKDT Medan, Ibnu Affan Harahap, S.Pd.I dan ditutup oleh Sekretaris Bardansyah Nst, S.HI, S.Pd.I juga dihadir Pengawas MDTA se Kecamatan Medan Johor, Asdelima hasibuan. (dir)