H. Burhan Launching MAN Sergai Jadi Madrasah Ahlul Qur’an dan Hadits

Kamis, 24 November 2022 | 17:43 WIB

Medan, MPOL- Kepala Madrasah Aliyah Negeri Serdang Begadai (MAN Sergai), Dr. H. Burhanuddin Harahap, SAg, MPd akan melaunching madrashnya menjadi madrasah Ahlul Qur’an dan Hadits. Launching akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan upacara bendera peringatan hari guru, Jum’at (25/11).

Demikian dikatakan Dr. H. Burhanuddin Harahap, S.Ag, M.Pd kepada Medan Pos diruang kerjanya, kemarin. Selain melaunching, dirinya juga akan membuat MAN Sergai menjadi madrasah dengan 3 pilar pendidikan Islam,  yakni Pendidikan Al Qur’an, Pendidikan Hadits dan pendidikan ilmu pengetahuan.

Tidak hanya itu, dalam rangka peringatan hari guru atau HUT PGRI ke-77 yang jatuh pada Jum’at (25/11), beberapa kegiatan lain turut dilaksanakan.

Pada Rabu (23/11), lanjutnya, dilaksanakan pelatihan kurikulum merdeka bagi para guru-guru MAN Sergai. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru yang ada.

Dengan pelatihan ini, para guru diharapkan lebih pintar dan profesional dalam mendidik para siswa/i nya. Sehingga mutu pendidikan madrasah, khususnya MAN Sergai bisa lebih baik lagi.

Sedangakan pada Kamis (24/11), dilaksanakan berbagai macam perlombaan untuk para guru. Setiap perlombaan telah dipeŕsiapkan hadiah-hadiah menarik bagi para pemenangnya.

PEMBUKAAN TAHFIS

Seiring dilaunchingnya menjadi Madrasah Ahlul Qur’an dan Hadits serta menjadi madrasah dengan tiga pilar pendidikan, MAN Sergai mewujudkan kesemuanya itu dengan pelaksanaan Program Intensif Tahfizul Qur’an 10 hari mondok di madrasah dan 5 hari mondok untuk pengafal hadits arbain.

Baru berjalan 3 bulan menjabat Kepala MAN Sergai, H. Burhan juga sudah mulai membangun sarana dan prasarana untuk program-programnya itu. Seperti hall serbaguna dengan ukuran 26×20 meter yang sekarang ini sedang proses pengerjaan.

Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai. Bupati Sergai H. Darma Wijaya pun sangat mendukung program yang dibuat H. Burhan ini.

Dalam penutupan Program Intensif Tahfidzul Qur’an gelombang pertama yang berlangsung 2 minggu lalu, Bupati Sergai yang langsung hadir menutup, mengucapkan terimakasih kepada H. Burhan yang sudah merancang program ini secara perdana di Sergai, khususnya Kecamatan Dolok Masihul.

Bupati menyatakan siap mendukung dan membantu kelancaran program dimaksud. Apalagi perkembangan pendidikan ini sangat baik dan berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Sergai.

Sementara itu, Program Intensif Tahfidzul Qur’an gelombang I, diikuti sebanyak 77 siswa/i terdiri dari 29 orang laki-laki dan 48 perempuan. Rata-rata target menghafal Al Qur’an 2 juz dalam 10 hari. Untuk gelombang kedua, direncanakan akan dibuka pada pertengahan Desember 2022 ini.

Pelaksanaan Program Intensif Tahfidzul Qur’an dan Tahfidzul Hadits MAN Sergai, juga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarajat, guru, siswa dan orang tua murid.  Sebab telah tercipta rasa tenang dan damai dalam pendidikan dimadrasah tersebut.

“Karena janji Allah SWT, siapa yang berpegang teguh dengan Al Qur’an dan hadits, maka dia akan memperoleh keselamatan, dunia dan akhirat”, ujar H.Burhan sembari memohon doa dan dukungan kepada semua pihak, semoga cita-cita ini tercapai dengan baik. (dir)