Ikuti Sosialisasi Pendis No 752 Tahun 2021

Guru MAN 3 Medan Siap Laksanakan Ujian Madrasah Sesuai Prokes

Jumat, 5 Maret 2021 | 19:14 WIB

Medan, MPOL : Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan Nurkholida SpdI, MPd mengatakan, pihaknya siap melaksanakan Ujian Madrasah (UM) sebagai pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional (UAMBN) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sesuai surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam No. 752 Tahun 2021.

Nurkholida mengatakan itu disela-sela pelaksanaan sosialisasi SK Dirjen Pendis itu, Jumat (5/3) di MAN 3 Medan Jalan Perhubungan Patumbak, Medan. Hadir selaku narasumber Kasie Kurikulum dan Kesiswaan Pendidikan Madrasah Syawaluddin Matondang SE MM dan staf Pendis Kakanwil Kemenagsu, Rahmad Jamil S.Ag, M.Pd.

Menurut Nurkholida, sosialisasi ini tentu sangat bermanfaat bagi guru untuk meramu kisi-kisi soal sesuai standar dan kemampuan/ kompetensi siswa. Jadi, dengan diberikannya wewenang penuh kepada guru menentukan dan membuat naskah soal UM, ini tentunya meningkatkan ke-profesionalan guru pada bidang ajarnya.

Sehingga, guru tidak tergantung kepada siapapun, dia tentu mampu mengukur dan memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilakukannya, khususnya selama masa pandemi Covid 19 ini.

Sementara itu, Syawal Matondang menyampaikan, seluruh proses, mulai dari pembuatan naskah, penggandaan soal dan lainnya menyangkut pelaksanaan UM, diserahkan sepenuhnya kepada satuan kerja (satker) masing-masing di lingkungan madrasah, mulai dari Ibtifaiyah hingga Aliyah.

Kemenagsu tentunya menyerahkan sepenuhnya kepada madrasah masing-masing, apakah ujian madrasah ini dilaksanakan secara daring, luring atau tatap muka langsung. Hanya saja, semuanya telah mendapat izin dari Satgas Covid 19.

Selain itu, pihak sekolah juga harus menjamin pelaksanaan ujian tidak akan menimbulkan keramaian serta mentaati protokol kesehatan lainnya. Sedangkan naskah soal tentunya harus sesuai juknis dan tidak lari dari aturan yang ada. (nas)