Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi

Guru Garda Terdepan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Minggu, 27 November 2022 | 20:25 WIB

Medan, MPOL-MAN 2 Model Medan merupakan madrasah yang sangat peduli terhadap kemajuan akademik guru, guru harus diperhatikan dalam segala bidang, akademik, ekonomi maupun kesejahteraannya tanpa guru maka generasi peserta didik akan mengalami buta huruf, kebodohan serta hidup yang tidak tertata di masa depan, dengan demikian tidak diragukan bahwa guru merupakan garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, S.Pdi, M.Pd usai melaksanakan upacara peringatan hari guru nasional ke-77 di lapangan utama MAN 2, Jumat (25/11/22).

“MAN 2 Model Medan telah berupaya secara maksimal agar guru-guru MAN 2 dapat menyalurkan ilmu pengetahuan serta mentransfer wawasan kepada peserta didik tanpa mengenal lelah serta memikirkan materi, yang terpenting adalah bagaimana putra dan putri bangsa Indonesia menjadi penerus bangsa yang kuat tidak lemah sehingga di hari kemudian akan muncul penerus bangsa yang cerdas berkat hasil didikan guru yang dianggap pahlawan tanpa tanda jasa,” kata Wuri.

Wuri menambahkan sebagai garda terdepan, maka kesejateraan guru juga harus dipikirkan, saya selaku pimpinan madrasah memohon maaf kepada guru-guru MAN 2 Model Medan jika usaha saya selaku pimpinan belum optimal dalam mensejahterakan guru-guru MAN 2, namun kita tetap berupaya agar fungsi guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat berjalan secara sempurna.

WKM Humas MAN 2 Model Medan Dra. Hj. Misbah Suaidah, S.Pd menyampaikan MAN 2 ikut andil dalam menyemarakkan hari guru, mulai dari hari Kamis (24/11/22) MAN 2 menggelar kegiatan dalam bentuk perlombaan yang dilaksanakan antar Guru MAN 2 yaitu lomba membaca Puisi sebagai Juara I diraih Dra. Hj. Habibah, M.Pd, Juara II diraih Julianis Clara Debora, SS, Juara III diraih Dra. Hj. Nur Asmah, Harahap, MA, untuk lomba Fashion Show (Busana Muslim) juara I diraih Siti Ramadani, S.Pd, Juara II diraih Elen Wardani Siregar, S.Pd, M.Pd.

Sedangkan untuk perlombaan memasak nasi goreng sebagai juara I diraih oleh tim kebersihan MAN 2 Model Medan, juara II diraih oleh tim Bulgansyah Ritonga, S.Pd, Drs. Hamsar Harahap dan Drs. Zam’an dan Juara III diraih oleh tim Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, S.Pdi, M.Pd, Kepala Tata Usaha Samsul Bahri, S.PdI dan Bendahara Ihsan.

Misbah melanjutkan, selain kegiatan perlombaan di atas MAN 2 masih memiliki kegiatan lain dalam memperingati hari guru, pada hari Jumat (25/11/22) MAN 2 melaksanakan kegiatan upacara hari guru di lapangan utama, adapun yang bertindak sebagai pembina upacara yaitu Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM didampingi oleh Subkoordinator pada Subbagian Umum dan Hubungan Masyarakat Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumut Drs. H. Muhammad Yunus, MA.

“Usai melaksanakan upacara peringatan hari guru, Kepala MAN 2 memotong nasi tumpeng sebagai wadah simbolis kekeluargaan di MAN 2 yang kemudian disulangkan kepada beberapa guru secara simbolis, usai acara pemotongan tumpeng para guru menampilkan kemampuannya dalam bidang seni, berupa tarian daerah yang ditampilkan serta diiringi dengan nyanyian dan lagu mendidik. Puncaknya hari guru di MAN 2 dilaksanakan pada hari Sabtu (26/11/22) di mana para guru akan melaksanakan senam bersama agar guru dalam keadaan sehat dan semangat dalam mencerdaskan anak-anak didik harapan bangsa,” tutur Misbah.(nas)