FKDT Kota Medan Siap Entaskan Masalah Pendidikan Madrasah Diniyah

Minggu, 24 April 2022 | 20:34 WIB

Medan, MPOL-Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Medan mengawali program bersama Keluarga Besar Masyarakat Sadar Adat (MASSA) Sumatera Utara guna mengentaskan masalah pendidikan madrasah diniyah melalui gelaran acara silaturahmi dan buka puasa bersama yang diselenggarakan di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam Medan, Rabu (20/4).

Ketua DPC FKDT Kota Medan Ibnu Affah Harahap S.Pdi melalui Sekretaris Bardansyah Nasution SHI, SPdI menyampaikan rasa syukurnya ada pihak-pihak yang memberikan perhatian khusus kepada perkembangan MDTA atau Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah.

“Kali ini kita membangun kolaborasi maupun kerjasama dengan masyarakat adat. Sebab, dalam pembangunan keagamaan, pas rasanya kita berkolaborasi dengan masyarakat adat. Apalagi, pimpinannya juga sangat peduli terhadap perkembangan MDTA,” katanya.

Banyak keuntungan yang kita peroleh, dengan kerjasama ini, karena kita bisa menerima sumbangsih pemikiran, buku-buku dan pendukung kegiatan belajar mengajar lainnya di madrasah diniyah. Mudah-mudahan paska lebaran ini kita bisa lebih intens berkunjung ke lokasi madrasah yang perlu mendapat perhatian seperti di Belawan,” kata ustadz jebolan UINSU ini.

Bardan menyampaikan, kolaborasi ini sangat bagus dan luar biasa, ketua masyarakat adat ingin membantu dan berkontribusi terhadap MDTA. Salah satu rencananya, mengadakan pelatihan terkait manajemen madrasah, meningkatkan kualitas guru dan digitalisasi.

Yang jelas, kita berharap semboyan Menuju Perubahan itu dapat kita wujudkan, sehingga kita menjadi contoh bagi kabupaten/ kota lainnya dalam rangkaian memajukan dunia pendidikan madrasah diniyah yang saat ini berjumlah 507 MDTA di kota Medan.

“Insya Allah, ini akan lebih meningkat setelah nantinya kita turut membantu MDTA lain yang belum kelar izinnya agar dapat beroperasional dengan baik,” tandas ustadz Bardan dalam acara yang turut dihadiri Ketua FKDT Sumut Ikhwan Lubis dan Sekretaris Kholid Daulay

Sementara itu, Ketua MASSA Sumut Disti Nuaridho ST menyatakan komitmen ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap keberadan pendidikan madsarah diniyah, yang keadaannya masih banyak yang memprihatinkan, baik itu dari segi gedungnya, mapun tenaga pengajarnya.

Jadi, kita awali dari silaturahmi seperti ini, bersama guru guru madrasah agar nantinya program kita salah satunya yang bersegmen agama dapat lebih konsisten. Kita prihatin ternyata masih banyak pendidikan madrasah ini yang memerlukan perhatian kita, contohnya di Belawan, masih banyak gedung MDTA yang berada dalam kondisi parah. Karena itu melalui wadah FKDT, kita mencoba bersama memberikan kontribusi kita yang terbaik untuk membangun kualitas pendidikan MDA,” katanya.

Bardansyah juga berharap, harapannya kedepan, FKDT dapat terus mengupayakan agar seluruh guru yang mengajar mendapat kesejahteraan.
“Kita lagi dalam tahap menyejahterakan guru FKDT sehingga apapun yang menjadi keluhan akan segara kami pantau,” jelasnya.

“Ada banyak sekolah, maka dari ini kegiatan silaturahmi ini akan terus berjalan dengan tujuan mencari solusi bareng-bareng terkait keluhan para guru ini,” tukasnya. (dir)