Dukungan Dibukanya UINSU di Tebing Tinggi Terus Mengalir

Minggu, 14 Februari 2021 | 17:26 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Pemko Tebingtinggi terus menerima dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan pemuda terkait rencana eks Akbid Tebingtinggi akan dijadikan Fakultas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Dukungan yang diterima terus mengalir, proses hibah lahan tersebut kini tinggal menunggu persetujuan DPRD setempat.
Walikota Tebingtinggi melalui Juru Bicara selaku Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Minggu (14/2/2021) menjelaskan, Bapak Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan telah menerima kunjungan audiensi dari berbagai organisasi seperti, Aliansi Mahasiswa Tebing Tinggi (AMTT), Al- ittihadiyah dan berbagai elemen dan organisasi yang ada di Tebingtinggi. Audensi tersebut dalam rangka mengulas kajian pembangunan UINSU dan menyatakan sikap dukungan.
Dalam pertemuan tersebut Walikota menjelaskan tentang perjalanan awal rencana Pembangunan UINSU dilokasi yang dulunya adalah Akbid Pemko Tebingtinggi. Walikota menjelaskan bahwa Akademi  Kebidanan Pemerintah Kota Tebingtinggi dibangun atas ijin Pemerintah Pusat untuk meningkatkan SDM didaerah sehingga berdirilah Akademi  Kebidanan Kota Tebingtinggi.
Sesudah Akademi Kebidanan ini berdiri, pada tahun 2014, muncul Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pembagian urusan pendidikan ini dibagi 3; Tingkat pertama TK sampai SMP urusan pemerintah kabupaten/kota, tingkat SMA, SMK, SLB urusan pemerintah provinsi, Perguruan Tinggi urusan Pemerintah Pusat.
“Karena Undang-undang itu terbit maka muncullah ketentuan 3 menteri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, yang menyatakan Akademi Kebidanan itu dibatasi masa operasinya sampai pada Tahun 2020, setelah itu Akbid tidak boleh beroperasi,” jelas Kadis Kominfo.
Melalui Kementerian Agama, Pemerintah Kota Tebingtinggi berminat agar UIN bisa dibuka di Kota Tebingtinggi. Dan pihak UINSU merespon dan menyatakan akan segera membuka fakultas di Tebingtinggi dengan proses penghibahan aset. Masalah pembangunannya pihak UINSU yang mendanai, jelas Walikota melalui Kadis Kominfo.
Sementara itu dalam audiensi Ketua Aliansi Mahasiswa Tebing Tinggi (AMTT) Peter Munthe menyatakan, tentu nya kami Aliansi Mahasiswa Tebing Tinggi mendukung, karena kemajuan suatu kota juga harus didukung dengan kemajuan Sumber Daya Manusia-nya.
“Rencana ini haruslah mendapat dukungan karena sejalan dengan program visi dan misi pembangunan Kota Tebingtinggi. Kalau tidak sekarang, kapan lagi mewujudkan mimpi kuliah negeri dikota sendiri,” ujar Peter Munthe.
Kadis Kominfo Dedi Siagian juga menyampaikan bahwa,  Walikota Tebingtinggi juga telah menerima pernyataan dukungan dari kalangan cendikiawan dan pemuda diantaranya, Ketua Dewan Pengurus Daerah Al-Ittihadiyah, Barisan Muda Al-Ittihadiyah, Angkatan Putri Al-Wasliyah, Pengurus Daerah Al-Wasliyah, Pengurus Daerah Ikatan Guru dan Dosen Al-Wasliyah, Pengurus Daerah HIMMAH Al-Wasliyah dan Pengurus Daerah Ikatan Pelajar Al-Wasliyah. **