Selama 4 Tahun Menjabat Kepala MAN 2 Deli Serdang

Dr H Burhanuddin Harahap MPd Terus Berinovasi Ciptakan Generasi Qur’ani

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:51 WIB

Lubukpakam, MPOL | Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Tampaknya peribahasa ini tepat disandang Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Deli Serdang Dr H Burhanuddin Harahap M.Pd. Sebab, dimanapun dia memimpin, keinginannya untuk mewujudkan siswa yang memiliki tiga pilar pendidikan, yakni Al-Qur’an, Al Hadist dan Ilmu selalu menjadi prioritas utama kepemimpinannya.

Usai mengabdi sebagai Kepala MAN 2 Model Medan 4 tahun lalu, Kementerian Agama langsung mengamanahkannya memimpin MAN 2 Deli Serdang. Sebentar saja, pria kelahiran Padang Lawas Utara ini langsung mendirikan rumah tahfiz Quran dan Hadist di sederatan bangunan MAN 2 DS ini.

Nah, kemarin, Rabu (14/10), Buya Burhan menggelar wisuda hafiz dan hafizoh, sehingga sampai saat ini, sudah 1.278 Hafiz dan Hafizoh diwisuda lewat program Intensie Tahfiz Quran selama 10 hari. Selanjutnya, untuk tahfizul hadist yakni hadist arbain sebanyak 42 hadist diselesaikan 73 siswa dari tiga angkatan. Ini akan terus kita kembangkan, sehingga lagir terus menerus generasi muda Islam yang dekat dengan Qur;an dan Hadist,” tegas Dr H Burhanuddin.

Dr H Burhanuddin MPd dalam arahannya sebelum menutup dan mewisuda hafiz dan hafizah Program Tahfuzul Qur’an di madrasahnya, kemarin, menyampaikan keseriusannya, membangun pendidikan di madrasahnya dengan bersunguh-sungguh dalam membangun dan menciptakan Tahfizul Qur’an atau penghafal Al Qur’an, sesuai wasiat Rasulullah SAW yang meminta ummatnya untuk berpegang teguh pada dua perkara, agar mendapat keselamatan di dunia dan akhirat.
Dua perkara dimaksud adalah Al Qur’an dan sunnah. Jadi seluruh ummat Islam diminta agar memegang teguh, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.

Wasiat inilah yang dilaksanakan MAN 2 Deli Serdang. Sebab mendidik anak-anak dengan teori apapun yang ditemukan oleh para ilmuwan, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kedahsyatan Al Qur’an dalam menciptakan manusia yang baik. Baik dihadapan Allah SWT, baik dihadapan sesama manusia, bahkan menjamin keselamatan di dunia dan akhirat.

Namun sayangnya, sekarang ini banyak yang sudah melupakan wasiat Rasulullah SAW itu karena sibuk mengejar keindahan dan kemewahan dunia. Bahkan tidak ada satu madrasahpun yang memiliki program menghafal hadits arba’in, sebab mungkin sudah terlupakan.

Nah, saat ini, Buya Burhan juga telah merangsang penghafal hadist arba’in. yang merupakan hadits yang akan membimbing kehidupan ummat Islam. Sedangkan tahfizul Qur’an merupakan perwujudan rasa cinta yang dalam kepada Al Qur’an.

Disisi lain, H. Burhanuddin juga berpendapat, kekuatan Islam itu berada pada pemahaman ummat Islam sendiri terhadap Al Qur’an dan hadits Rasulullah SAW.

Program Intensif Tahfizul Qur’an angkatan ke 14, MAN 2 Deliserdang memberikan bea siswa kepada hafiz dan hafizah penghafal Al Qur’an tetbanyak. Ada 3 orang yang mendapatkan bea siswa komite tersebut.

Asrama Tahfizhul Hadist MAN 2 Deli Serdang sebelumnya diresmikan Kakanwil Menag Wilayah Sumatra Utara Drs. H Syahrul Wirda. MM didampingi Kabid pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Utara H.Erwin Pinanyuang Dasopang.M.Si (nas)