Program Pengabdian Kepada Masyarakat

Dosen UMN Al Washliyah Sosialisasikan Aplikasi Belajar Daring di SDN Ajibaho

Sabtu, 26 Desember 2020 | 20:02 WIB

Medan, MPOL : Transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman merupakan salah satu kewajiban serta tanggung jawab seorang dosen terhadap masyarakat dan lingkungannya, hal ini diwujudkan dengan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah  telah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui guru-guru di SD 101809 Ajibaho, Kecamatan Sibiru Biru, Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 12 Desember 2020 dengan tema “Penggunaan Internet pada Media Platform dalam Proses Pembelajaran di Masa New Normal” dan acara ini dibuka oleh kepala sekolah SD 101809 Ajibaho, Bapak Ngatiman, S.Pd dan dihadiri oleh beberapa orang guru.

Tema ini dirasakan sangat penting untuk diangkat karena berkaitan dengan kebutuhan guru dan murid dalam pelaksanaan proses pembelajaran di masa new normal di tengah pandemi.

“Penggunaan aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring pada Era New Normal” menjadi subtema yang disajikan oleh Adrial Falahi, S.Sos., MSP sebagai ketua pengabdian dan Waryati, S.Pd., M.Pd sebagai anggota yang juga diikuti oleh mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan subtema ini, diharapkan dalam proses belajar mengajar (guru dan murid)serta beberapa kegiatan webinar (seminar online) yang diikuti oleh guru-guru melaluipenggunaan aplikasi Zoom maka mereka mampu mengikutinya dengan baik.

Zoom menjadi pilihan terbanyak dalam beberapa kegiatan daring dan webinar secara nasional, hal ini disebabkan oleh Zoom memiliki fitur yang lebih lengkap dan interaktif untuk sebuah kegiatan daring dengan basic vidio conference.            Secara umum keberlangsungan sebuah kegiatan daring/webinar dengan basic vidio sangatlah tergantung olehbeberapa kondisi seperti keberadaan sinyal, ketersediaan data, perangkat yang digunakan serta pengetahuan tentang penggunaan aplikasi yang akan digunakan baik sebagai operator maupun sebagai partisipan.

Kendala dalam pelaksanaan daring yang berbasis vidio selama ini ternyata terletak pada sinyal yang kurang mendukung serta pengetahuan guru dalam mengikutikegiatan daring/webinar yang terbatas hanya sebagai partisipan atau sebagai peserta.Dalam rangka kegiatan ini para guru dibimbing untuk bisa manjadi host, pengelola atau admin dari pelaksanaan aplikasi Zoom yang akan mereka terapkan dalam pembelajaran daring dengan siswa mereka.

Bahkan lebih jauh dari itu mereka diharapkan mampu menyelenggarakan sebuah acara webinar baik lokal maupun skala nasional.

“Kami berharap kegiatan pengabdian oleh dosen-dosen UMN Al Washliyah di SD kami  ini dapat terus berlangsung dengan harapan bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi guru-guru kami dalam rangka mencerdaskan pendidikan bagi anak bangsa khususnya di Ajibaho dalam masa new normal ini”, berikut harapan yang disampaikan oleh kepala sekolah dalam sesi penutupan. (bp)