Dosen FAI UMSU Laksanakan Program Kemitraan Masyarakat

Jumat, 22 Mei 2020 | 19:17 WIB

Medan, MPOL.Com : Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah salah satu program hibah internal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang dikompetisikan kepada seluruh dosen tetap UMSU yang berada di seluruh fakultas.

Salah satu PKM tersebut dimenangkan oleh Dosen FAI UMSU. Program ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen, setelah Dharma Pendidikan & Pengajaran dan Penelitian.

PKM UMSU ini diketuai oleh Dr. Nurzannah, M.Ag, dan anggota Hasrian Rudi Setiawan, S.Pd.I., M.Pd.I. PKM ini seluruhnya didanai oleh APB UMSU 2020.

Program ini melibatkan dua mitra, yaitu KKG Wilayah VII Sunggal (selaku Mitra 1), yang diketuai oleh Ingan Tarigan, S.Pd., dan SD Ar-Rasyid (selaku Mitra 2), diketuai oleh Boy G.I Cahyadi, S.P..

Mitra pertama berpartisipasi merekrut peserta program PKM yang terdiri dari para guru SD yang ada di bawah kewenangan KKG Wilayah VII Sunggal. Sedangkan mitra 2 berpartisipasi menyediakan lokasi atau tempat kegiatan PKM.

PKM ini seyogyanya memberikan pelatihan tentang Pemanfaatan Pembuatan Media Pembelajaran Macromedia Flash. Akan tetapi karena kondisi saat ini sedang Covid-19, maka tim PKM bersama dengan mitra mendiskusikan dan mengambil kebijakan untuk mengalihkan pelatihan tentang Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online.

Hal ini dilakukan, mengingat, pada akhir Mei atau awal Juni, seluruh sekolah, dari SD sampai dengan SMA akan melaksanakan ujian akhir semester.

Dalam sambutannya, Ketua KKG Wilayah VII Sunggal, Ingan Tarigan, mengatakan kgiatan ini pada dasarnya sangat bermanfaat bagi para guru, apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Namun penerapannya mungkin agak mengalami kendala karena masih sedikit sekali orang tua murid memiliki HP android di lingkungan mereka.

“Meskipun demikian, peserta mengikuti kegiatan PKM ini terlihat antusias. Karena materi yang diberikan kepada mereka merupakan materi yang baru dan bermanfaat bagi para guru tersebut terutama untuk masa-masa yang akan datang,” demikian ungkap salah seorang peserta pelatihan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis,14 Mei 2020 di SD Ar-Rasyid Sunggal, yang diikuti 30 peserta yang berasal dari beberapa SD negeri dan swasta yang berada di Rayon KKG Wilayah VII Sunggal.

Bertindak sebagai pemateri adalah Hasrian Rudi Setiawan dan Nurzannah bertindak sebagai moderator. Materi yang diberikan tidak hanya sekedar memperkenalkan media evaluasi online, akan tetapi dari membuat soal sampai pada mendapatkan hasil (nilai) tes siswa yang tengah mengikuti kegiatan tes nantinya.