Diharapkan Jadi Cikal Bakal Universitas Negeri: Pemkab Nias Utara-USU Sepakat Kerjasama Tingkatkan Mutu AKNIRA

Kamis, 10 September 2020 | 18:24 WIB

 

Medan, MPOL: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara dan Universitas Sumatera Utara (USU) sepakat akan bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Akademi Komunitas Nias Utara (AKNIRA) yang selama ini dalam pembinaan Politeknik Pertanian Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut terungkap dalam Audensi Pemkab Nias Utara kepada Rektor USU, Runtung Sitepu di Rumah Dinas Rektor USU Jalan Universitas No.44 Kampus USU, Medan, Kamis(10/9/2020).

Audensi tersebut langsung dipimpin Bupati Nias Utara, Marselinus Ingati Nazara, A.Md bersama Ketua DPRD Nias Utara Sukanto Waruwu, SE, Sekda Nias Utara Yafeti Nazara,S.Kep,M.Kep,NSpM serta Anggota DPRD Nias Utara Hisikia Harefa.A.M.Pd, Ingatan P. Zendrato, SH dan Notefalali Zalukhu, S.Th.

Audensi ini sendiri merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Pemkab Nias Utara dengan Rektor USU setelah beberapa bulan lalu telah beraudensi, tapi karena Pandemi Covid-19, baru hari ini audensi/pertemuan dapat dilanjutkan.

Dalam audensi tersebut, Bupati Nias Utara, Marselinus Ingati Nazara, A.Md kepada Rektor USU Runtung Sitepu memohon terkait Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) agar segera dapat dilaksanakan AKNIRA bekerjasama dengan USU.

AKNIRA  berdiri sejak tahun 2013 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan tertanggal 23 September 2013 dan telah mewisuda sebanyak 6 angkatan.

Bupati Nias Utara menambahkan, untuk menyelamatkan AKNIRA salah satunya harus bekerjasama dengan USU melalui pemberlakuan PSDKU.
Menanggapi permohonan Bupati Nias Utara tersebut, Rektor USU, Runtung Sitepu menyatakan sangat mendukung dan menyambut baik usulan Bupati tersebut.

Rektor mengaku sangat mendukung adanya pembangunan pendidikan di Kepulauan Nias, dan dengan adanya AKNIRA di Nias Utara diharapkan nantinya akan menjadi cikal bakal pendirian Universitas Negeri di Kepulauan Nias.

Rektor USU bahkan menyebut dalam waktu dekat jika pandemi Covid-19 ini menurun akan berkunjung ke Nias Utara untuk melihat kondisi real AKNIRA sekaligus memberi Kuliah Umum.

Sementara itu, Anggota DPRD Nias Utara, Hisikia Harefa.A.M.Pd, kepada medanposonline, Kamis (10/9/2020) menyebutkan, sebelumnya kerjasama dengan USU ini sudah dimulai beberapa bulan lalu. Namun karena pandemi Covid-19 menjadi tidak tertindaklanjuti.

Hisikia, mantan Ketua DPRD Nias Utara itu pun meminta agar masyarakat Nias Utara jangan terprovokasi. Sebab Pemkab Nias Utara memiliki niat baik dan berharap agar Universitas Negeri bisa berdiri di Nias Utara.

Akhir-akhir ini sebut politisi Partai Demokrat tersebut, dosen dan mahasiswa seakan-akan belum memahami kondisi negara dalam pandemi Covid-19, sehingga ada yang menyebar berita hoax dan melakukan demo yang sangat mengganggu kondusivitas di Nias Utara.

Sebagai wakil rakyat, Hisikia Harefa pun mengaku terbebani sehingga ikut memfasilitasi pertemuan Pemkab Nias Utara dengan Rektor USU dan itu sudah berlangsung di Rumah Dinas Rektor USU.

“Masyarakat jangan terprovokasi dan adek-adek mahasiswa harus fokus untuk belajar, harus bebas dari pengaruh politik praktis. Para dosen pun jangan memprovokasi karena kepentingan oknum-oknum tertentu. Dalam waktu dekat USU dan AKNIRA akan segera bergandengan tangan membangun dunia pendidikan di Nias Utara”, sebut Hisikia Harefa.**