Dihadapan DPRD Taput, FORSAPTU Bersuara Dukung  Transformasi IAKN Menjadi UNTARA

Jumat, 28 Mei 2021 | 19:37 WIB

Taput, MPOL: Elemen masyarakat Taput yang bersatu dalam Forum Solidaritas Peduli Tapanuli Utara (FORSAPTU) buka suara untuk mendukung transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) sebagaimana yang telah dimohonkan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan kepada Presiden RI Joko Widodo.

“Kami sepakat dan berkeyakinan bahwa pendirian UNTARA akan mampu mempercepat pembangunan masyarakat di Tapanuli Utara secara khusus dan masyarakat Tapanuli Raya secara umum,” ujar ketua umum FORSAPTU Dompak Hutasoit didampingi berbagai perwakilan elemen masyarakat saat beraudensi dengan DPRD Taput, Jumat (28/5).
Dalam hali ini, FORSAPTU juga meminta dukungan pimpinan dan seluruh anggota DPRD Taput atas transformasi IAKN menjadi UNTARA. “Permohonan ini murni suara dari masyarakat Taput untuk kembali disuarakan pimpinan dan anggota DPRD Taput kepada Bapak Presiden RI Jokowi,” tegas Dompak Hutasoit.
“Atas nama masyarakat kami juga meminta kepada seluruh anggota DPRD Taput agar bertindak dengan  pernyataan Profesor Yusuf Leonard Henuk setelah dipindahkan ke IAKN yang telah membuat ulah yang menyebabkan terjadinya pergesekan horizontal masyarakat terkait transformasi IAKN menjadi UNTARA,” tambahnya.
Dimana disebutkan melalui postingannya sering menyampaikan bahasa-bahasa yang menyerang perseorangan dan tidak mencerminkan sikap sebagai seorang yang memiliki gelar Akademis Profesor.
Sementara Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan dalam forum terbuka audiensi dengan FORSAPTU sangat mendukung usulan masyarakat Taput dengan mentransformasi IAKN menjadi UNTARA. Sebagai bentuk dukungan kami, sebelumnya kami dari DPRD Taput telah menyuarakan inid dengan melayangkan surat dukungan ke Presiden RI Jokowi.
Terkait dengan cuitan-cuitan Profesor Yusuf Leonard Henuk di Facebook melalui laman pribadinya yang menciptakan pergesekan horizontal ditengah-tengah masyarakat Taput terkait transformasi IAKN menjadi UNTARA, DPRD Taput secepatnya  melakukan tindakan.
“Dari tindakan itu, kami akan segera menyurati Kemenag RI, Kemendagri dan Kemedikbub RI dengan melampirkan bukti-bukti yang telah diberikan FORSAPTU kepada kami. Mudah-mudahan melalui surat yang kami layangkan nantinya dapat segera direspon instansi terkait di pusat,” harapnya. **
Pantauan medanpos online.com usai beraudensi dengan DPRD Taput, FORSAPTU langsung melanjutkan gerakannya untuk menyuarakan dukungan transformasi  IAKN menjadi UNTARA ke kantor Bupati Taput. **