Bupati Lantik Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan Masa Bakti 2019-2024

Selasa, 22 September 2020 | 20:00 WIB
Kisaran,MPOL: Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan masa bhakti 2019-2020 dilantik oleh Bupati Asahan yang merupakan Ketua Mabicab Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (22/9/2020).
     Pada pelantikan tersebut, Ketua Mabicab Asahan H. Surya, BSc menyematkan tanda jabatan kepada Ketua Kwarcab Asahan masa bakti 2019-2020 Agus Ramanda di hadapan Sekretaris Kwarda Sumatera Utara (Kwardasu), Ketua Harian Mabicab Asahan (Pj. Sekda Kabupaten Asahan), Wakil Ketua (Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan) dan tamu undangan lainya.
     Bupati Asahan pada sambutannya mengatakan kita mengetahui bahwa gerakan Pramuka sebagai Gerakan Pendidikan pada jalur Pendidikan Non Formal yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan, gerakan Pramuka bertujuan menumbuhkan tunas bangsa melalui generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan keterampilan yang tinggi, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.
     Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan serta karya bakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.
     Bupati juga mengatakan, jika melihat komposisi pengurus Kwartir Cabang Asahan yang baru saja dilantik, ia yakin dan percaya, jika kita mempunyai kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka Asahan, serta diiringi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari segenap jajaran kepengurusan yang ada, maka insyaallah Gerakan Pramuka Asahan ke depannya akan lebih maju dan mampu berkembang dengan lebih baik lagi.
       Mengakhiri sambutannya Bupati Asahan mengucapkan selamat kepada segenap pengurus dilantik. Mudah-mudahan momentum pengukuhan pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Asahan kali ini, akan memberikan semangat baru, sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab kita bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Asahan.
     Sementara Ketua Kwardasu H. Nurdin Lubis, SH, MM mengatakan  untuk menyelenggarakan misinya, Gerakan Pramuka memerlukan bimbingan dan bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu pada masing-masing tingkat kwartil, mulai nasional, daerah, cabang, ranting, gugus depan dan satuan karya, dibentuk satu majelis yang memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengurus kwartir, yang dinamakan dengan majelis pembimbing atau Mabi.
     Nurdin juga mengatakan sejak awal terjadinya wabah covid-19 yang melanda negara kita, Gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya. Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota Pramuka, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila pergi keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
    Selanjutnya, para Pramuka juga aktif dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19 bersama pemerintah dan masyarakat.
     Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumatera Utara menyampaikan pesan kepada seluruh Gerakan Pramuka untuk terus mendorong kegiatan kepramukaan sebagaimana bisa dilakukan, dengan tetap mentaati protokol kesehatan di masa pandemi zcovid-19 ini.
     Mengakhiri sambutannya ia berharap kepada Ketua Majelis Pembimbing cabang beserta jajarannya dapat memberikan dukungan yang optimal kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan masa bakti 2019-2024.
     Sebelum Ketua Mabicab Asahan melantik Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan, Ketua Mabicab Asahan dilantik terlebih dahulu oleh Sekretaris Kwardasu Abdul Rajak MM.**