MTsN 2 Tapteng Studi Banding ke MTsN 2 Medan

Bunda Pesta Berampu Ajak Seluruh Madrasah Saling ‘Sharing’

Sabtu, 26 September 2020 | 19:21 WIB

Medan, MPol : Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Medan Dra Pesta Berampu MA mengajak seluruh madrasah saling mendukung untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat maupun semboyan yang selalu digaung-gaungkan, lebih baik madrasah dan madrasah lebih baik.

Untuk menciptakan lulusan (output) yang berkualitas dan berakhlakul kharimah, tidak ada salahnya kita saling berbagi informasi agar seluruh lulusan madrasah dapat menghhasilkan prestasi yang lebih baik lagi. Karena itu, silaturahmi sesama MTsN adalah solusi terbaik yang harus terus dilakukan, baik antar kota Medan maupun kabupaten/ kota lainnya.

Buah pikiran cemerlang itu disampaikan Bunda Pesta Berampu saat menerima rombongan MTsN 2 Tapanuli Tengah yang dipimpin Kepala MTsN 2 Drs. H. Alfan Surya Hutagalung, M.M, Sabtu (26/9).

Selain guru, hadir para Wakil Kepala Madrasah MTs2 Tapteng, yakni Ody Rahmadi , SPd Gr, H Zufri Ramadhan Nasution SpdI, Aswin Hasibuan,SPd, Azwardi Sitompul SpdI. Sedangkan dari MTsN 2 tampak hadir Kepala Tata Usaha Sufrizal S.Sos.I, WKM I Muhammad SHI, WKM II, Saiful Adrian S.Pd, M.Pd, WKM III Asyrafi SPd, WKM IV Samsurizal S.PdI.

Bunda Pesta tentu saja tidak memandang bahwa MTsN 2 telah maju beberapa langkah ketimbang lainnya, meskipun segudang prestasi baik nasional maupun lokal telah diraih siswa-siswinya. Bunda Pesta hanya berharap semua bisa saling berbagi, mungkin saja apa yang kita lakukan disini, dapat dilakukan di madrasah lain atau sebaliknya.

Demikian juga Kepala MTsN 2 Drs. H. Alfan Surya Hutagalung, M.M. Menurutnya, belajar dari pihak lain untuk memajukan pendidikan di MTSN2 Tapteng tentu tujuan dari studi banding yang mereka lakukan saat ini di MTsN 2.

Kita perlu membandingkan, apa yang kurang di kita. Lalu, kita coba berdialog dengan bagian bagian yang membidangi, seperti kurikulum, kesiswaan dan lainnya. Ini bentuk evaluasi atau dengan kata lain, muhasabah kita. Nah, hasilnya, hari ini kami melihat banyak yang belum kami lakukan untuk membina siswa kearah yang lebih baik lagi.

Ini semua tentunya kita lakukan dengan harapan anak-anak kita bisa meraih prestasi baik di bidang pendidikan, keterampilan, seni, budaya dan lainnya, baik di tingkat daerah maupun nasional.

“Harapan kita tentunya sangat besar, seperti bisa masuk dan menjadi juara nasional, seperti olimpiade beberapa bidang studi dan lainnya. Kita tidak perlumerasa hebat, cepat puas, seperti ‘katak dalam tempurung’. Kita piokir kita sudah hebat, padahal belum ada apa-apanya,” ketusnya dengan logat Sibolga yang kental.

Hutagalung juga melirik jumlah siswa yang cukup besar di MTsN 2, dengan fasilitas pendidikan yang cukup luar biasa lengkap, seperti perpustakaan dan laboratorium. Ini tentunya karena kepercayaan pemerintah cukup besar karena pengelolaan pendidikannya yang lumayan bagus selama ini.

Nah, kita ingin raih prestasi itu, kalau saat ini, jumlah siswa kita masih berkisar 473 siswa (15 rombel) dengan 52 tenaga pengajar. Dengan memantapkan kinerja staf kita, tentu studi banding ini jadi penting buat kita,” katanya. (nas)