MAN 1 Medan Peringati Hari Guru Nasional

Bunda Maisaroh : Guru Pantang Menyerah

Rabu, 25 November 2020 | 18:22 WIB

Medan, MPOL : Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan Maisaroh S.Pd MPd berharap guru tidak cepat berputus asa menghadapi pembelajaran secara daring di era pandemic Covid 19 ini. Sesuai dengan budaya kerja madrasah, teruslah melakukan inovasi agar tercipta suasana pembelajaran yang bermutu, efektif dan efisien.

Hal itu dikatakan Bunda Maisaroh kepada wartawan usai memimpin upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dan HUT PGRI ke 75 di halaman madrasah yang berlkasi di Jalan Willem Iskandar Medan, Rabu (25/11).

Upacara yang dihadiri para wakil kepala madrasah, guru, siswa dan staf, tetap menggunakan protocol kesehatan dan menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mengatur jarak dan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki areal upacara.

Bunda Maisaroh mengatakan, situasi pandemic ini memang pukulan berat bagi dunia pendidikan, khsusnya di lingkungan madrasah yang juga menerapkan pembelajaran akhlak dan moral secara langsung melalui kegiatan-kegiatan ibadah yang dilakukan secara rutin dan berjemaah.

Namun, katanya, guru tidak boleh stagnan, guru harus terus berinovasi agar pembelajaran jarak jauh, maupun system daring yang dilakukan, seperti zoom meeting, video conference dan lainnya, akan menarik minat siswa untuk belajar. Sehingga, kualitas lulusan MAN 1 Medan tetap dapat ditingkatkan.

Guru MAN 1 Medan juga harus menyadari bahwa tujuan pendidikan madrasah juga menciptakan lulusan yang hebat bermartabat, artinya, ada keunggulan yang dapat dibanggakan, karena selain menguasai ilmu pengetahuan juga mendapatkan pembelajaran mengenai iman dan taqwa.

Sesuai 5 budaya kerja madrasah, guru MAN 1 Medan juga dituntut berprilaku professional, kreatif, inovatif, memiliki keteladanan dan tanggungjawab. (nas)