Bangun Silaturahmi, USU Siap Wujudkan Kampus Merdeka

Jumat, 6 Mei 2022 | 23:23 WIB

Medan, MPOL: Membangun silahturahmi antar lembaga dan organisasi merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan dan memajukan perguruan tinggi, karena bersilahtaruhmi setidaknya dapat menyatukan visi dan misi sekaligus menguatkan networking dalam rangka mewujudkan kampus merdeka.

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dalam diskusi ringan bersama sejumlah pengurus KONI Sumut, PWI Sumut, KIP Sumut di Pendopo Rumah Dinas Rektor, Jumat (06/05/2022).

Hadir dalam kesempatan itu Drs Chairul Azmi (sekretaris KONI) Kisharianto Pasaribu (Wakil Ketua Umum KONI) Sakiruddin (Wakil Ketua Umum KONI) Prof Agung Sunarno (Guru Besar Unimed/KONi Sumut) Agung Santoso (Bendahara KONI) Mesnan (Wakil Sekretaris KONI) M Zeinizen (KONI Sumut) Budi Valianto (Dekan FIK Unimed), Eddy S Sormin ( KI Sumut), Farianda Putra Sinik (Ketua PWI Sumut) dan M. Syahrir (Ketua DKP PWI Sumut).

“Silaturahmi ini sangat besar manfaatnya untuk mempersatukan visi dan misi, sehingga cita-cita kita mengembangkan USU bisa lebih cepat. Kalau bisa pertemuan seperti ini kita perbanyak lagi. Sebab, semakin banyak kita bertatap muka semakin banyak ide atau masukan untuk mengembangkan USU. Dan hasilnya kita lihat sendiri, setiap tahun banyak prestasi yang kami torehkan. Begitupun, kami tetap terbuka untuk siapa saja memberikan kritik dan saran demi kemajuan kampus yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara ,” ujar Rektor yang dikenal mudah senyum.

Namun begitu katanya, prestasi tersebut jangan menjadikan diri terus berpuas diri. “Prestasi yang kita peroleh harus dapat kita pertahankan dan makin ditingkatkan lagi kedepan. Ini tantangan bagi kita, karena predikat yang kita peroleh bisa saja dilampaui perguruan tinggi lainnya. Universitas lain tentunya juga melakukan perbaikan untuk mengejar ketertinggalan. Oleh karenanya, kita juga pertahankan ini. Saya yakin tahun mendatang bisa ditingkatkan lebih baik lagi,” kata Muryanto menambahkan.

Sementara, Ketua PWI Sumatera Utara, Farianda Putra Sinik menilai, kemajuan prestasi yang diraih USU diharapkan berimbas kepada pembangunan Provinsi Sumatera Utara secara keseluruhan.

“Di USU ini banyak pemikir dan akademisi yang bergelar profesor atau doktor. Mereka ini adalah ilmuwan-ilmuwan handal yang diharapkan mampu memberi konstribusi positif bagi kemajuan Sumut,” katanya.

Menurut Farianda, prestasi yang diraih USU dalam setahun terakhir sangat signifikan dan diharapkan dapat terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan.

“Kita patut memberi acungan jempol dengan semangat Pak Rektor yang ingin terus meningkatkan kualitas USU dari berbagai sektor, terutama dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di kampus. Harapan kita, walaupun situasi pandemi masih melanda, USU terus berupaya melakukan inovasi dalam upaya mewujudkan kampus merdeka yang berkarakter,” tambah Farianda yang juga menjabat Ketua SPS (Serikat Perusahaan Pers) Sumut.