Asah Skill Pelajar Jurusan Otomotif, Honda Gelar Servis Gratis di SMK

Minggu, 27 November 2022 | 21:25 WIB

Medan, MPOL : Upaya mengasah keterampilan para pelajar sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara (Sumut) yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda gencar dilakukan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda.

Salah satunya dengan menggelar aktivitas sinergi bagi negeri berupa rangkaian kegiatan “Servis Gratis” yang berlangsung di sepanjang November s/d Desember 2022.

Pada aktivitas servis gratis kali ini, tercatat 15 SMK Mitra Binaan AHM dari berbagai daerah di Sumut ikut ambil bagian, seperti SMK S Dwiwarna, SMKS Harapan Bangsa, SMKS RU, SMKS Al-Wasliyah 2 Merbau, SMKS Imelda, SMKN 1 Stabat, SMKN 1 Air Joman, SMKS GKPS 2 P. Siantar, SMKS Mandiri, SMKS Muhammadiyah 10 Kisaran, SMKS GBKB Kabanjahe, SMKS Bina Guna Tanah Jawa, SMKN 1 Balige, SMKS Martabe Sipirok, dan SMKN 1 Lumut.

Aktivitas servis gratis juga sudah digelar di sejumlah SMK Mitra Binaan AHM, salah satunya di SMKS GBKP Kabanjahe yang berlangsung pada 21 -22 November lalu, Dimana dibawah bimbingan para instruktur terlatih Honda, para siswa khusunya jurusan teknik sepeda motor mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan keahlian dan keterampilannya secara langsung melakukan sevis sepeda motor.

Sambutan antusias sontak ditunjukkan para siswa, karyawan dan para guru yang memiliki motor Honda sebagai teman beraktivitas. Menariknya, servis gratis bersama Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pengguna motor Honda yang ingin melakukan perawatan dan pengecekan kondisi motornya.

Drs.Aris Ginting selaku Kepala Sekolah SMKS GBKP Kabanjahe, mengungkapkan, sangat menyambut baik diadakannya aktivitas servis gratis dari Honda di sekolahnya, karena dengan mengajak para pelajar untuk praktek langsung dengan bimbingan dari tim Honda, maka tentunya hal ini akan sangat bermanfaat mengasah dan meningkatkan kualitas skill mereka di bidang otomotif.

Min Hian, Technical Service Manager PT Indako Trading Coy, mengungkapkan, sangat mengapresiasi kobaran semangat yang ditunjukkan para calon mekanik berbakat dari berbagai SMK di penjuru Sumatera Utara. Dengan semangat Satu Hati, sinergi bagi negeri, pihaknya akan senantiasa mendukung pengembangan pendidikan vokasi menuju Sumatera Utara yang lebih baik.

Sementara itu, Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy, mengungkapkan, kontribusi Honda pada dunia pendidikan tentunya didasari oleh kesadaran dan kepedulian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khsuusnya di kalangan generasi muda, yang diwujudkan dengan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya dengan mengadakan servis gratis di SMK sebagai wadah praktek langsung bagi para siswa. **