Selasa, 22 Oktober 2024

Sosok Mahasiswa Teknik USU Perancang Museum Interaktif Budaya Ulos

Redaksi - Selasa, 22 Oktober 2024 14:40 WIB
Sosok Mahasiswa Teknik USU Perancang Museum Interaktif Budaya Ulos
Source : @jasmine_meilani
Medan, MPOL -"Anak Muda sudah meninggalkan budaya asalnya" Kalimat itu sering kali diucapkan ke anak muda yang zaman sekarang lebih suka dengan fashion ala-ala Korea atau juga fashion khas negara Barat. Tetapi, tidak dengan seorang anak muda dari Jurusan Teknik USU ini.

Baca Juga:
Jasmine Meilani Halim adalah seorang anak muda yang berusaha mematahkan pandangan masyarakat kalau anak muda pasti meninggalkan budayanya. Jasmine sendiri menganggap kalau anak muda harusnya tetap tampil trendy dengan fashion dari budaya asal mereka.

Jasmine sendiri mempunyai sebuah ide bagaimana sebuah kain dari daerahnya yaitu ulos bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Membuat Ulos menjadi lebih dikenal oleh banyak orang adalah hal yang biasa.

Bagi Jasmine adalah sebuah tantangan untuk membuat Ulos lebih dikenal oleh orang banyak dengan cara yang anti mainstream atau tidak biasanya. Pada acara pameran atau saat memamerkan Ulos biasanya orang hanya akan meletakkan saja di meja atau digantung tanpa ada penjelasan kalau Ulos itu bagaimana cara pembuatan dan memiliki arti apa saja.


Ulos Heritage adalah sebuah museum interaktif berbasis mixed reality yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan kain Ulos sebagai salah satu kearifan lokal Batak yang berharga menuju warisan dunia. Konsep Ulos Heritage Museum yang mereka usung menghadirkan teknologi mixed reality sebagai daya tarik utama.

Pengunjung dapat merasakan pengalaman yang mendalam dan interaktif melalui perangkat headset yang menggabungkan elemen fisik dan digital. Dalam museum ini, kain Ulos tidak hanya dipamerkan secara fisik tetapi juga dijelaskan melalui animasi dan informasi interaktif yang dihadirkan dalam bentuk hologram.

Ulos Heritage sendiri lahir dari sebuah pemikiran Jasmine yang menginginkan kalau Ulos itu harus bisa dikemas menarik agar bisa masuk ke trend zaman sekarang ini. Jasmine dan timnya berharap dengan konsep seperti ini bisa membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk lebih lagi mengenal Ulos.


Sebelum mempunyai ide brilliant seperti itu jasmine sendiri mempunyai sebuah bisnis online dengan nama Maloengun.id dimana menjual berbagai macam barang fashion yang berasal dari kain Ulos sendiri. Mulai dari pouch yang mempunyai unsur Ulos didalamnya sampai totebag yang terbuat dari Ulos juga sebuah ide yang dihasilkan Jasmine untuk tetap membuat Ulos bisa dipakai oleh kalangan muda tanpa takut terlihat kurang mengikuti zaman dengan model yang trendy dan tidak kalah dengan model yang ada diluar sana.

Dengan adanya Ulos Heritage ini Jasmine dan tim mengajak semua kalangan anak muda untuk tetap melestarikan budaya khas yang ada di daerah mereka sendiri. Jasmine juga mendorong anak muda untuk memakai pakaian khas dari daerahnya sendiri dan tidak melupakan budaya asal mereka berada.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru