Senin, 21 Oktober 2024

UINSU Terbukti Perguruan Tinggi Yang Sangat Baik dan Berprestasi

Baringin MH Pulungan - Minggu, 20 Oktober 2024 19:47 WIB
UINSU Terbukti Perguruan Tinggi Yang Sangat Baik dan Berprestasi
Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, Mag diabadikan bersama para wakil rector dan pimpinan lainnya. (humas uinsu)
Medan, MPOL -Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) benar-benar membuktikan sebagai perguruan tinggi yang sangat baik dan memiliki prestasi yang luarbiasa. UINSU mempu meraih skor lebih dari 361 sehingga memenuhi syarat meraih Peringkat Unggul.

Baca Juga:
Kurang lebih begitulah, melalui penantian, perjuangan panjang dan berbagai upaya keras, UINSU Medan di masa kepemimpinan Rektor Prof Dr Nurhayati, Mag berhasil meraih akreditasi perguran tinggi (APT) UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Sabtu (19/10).


Cita-cita dan target besar ini akhirnya dapat terwujud lewat Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 1936/SK/BAN-PT/AK/PT/X/2024 yang diterbitkan pada Sabtu 19 Oktober 2024.


Memasuki usia ke-51 tepatnya pada 19 November 2024 mendatang, kampus Islam terbesar di Sumatera Utara ini berhasil mewujudkan mimpi besarnya satu persatu, kali ini ialah meraih akreditasi unggul tingkat institusi.


Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg dalam keterangannya di Medan, Sabtu (19/10) menyampaikan syukur alhamdulillah atas penetapan dari BAN-PT bahwa UINSU kini terakreditasi unggul.


Diharap pencapaian ini menjadi motivasi untuk bisa tampil lebih baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi Islam di Sumut khususnya dan di Indonesia serta ASEAN pada umumnya.


Rektor menceritakan, upaya peraihan unggul ini dimulai sejak lama dan dilalui penuh dengan perjuangan. Di antaranya meraih akreditasi unggul di tingkat prodi-prodi di fakultas-fakultas, perbaikan sarana prasarana, peningkatan kualitas kurikulum pembelajaran, kualitas pelayanan pendidikan, digitalisasi, peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama dalam dan luar negeri dan elemen lain yang diperlukan dalam memenuhi sembilan indikator penilaian akreditasi perguruan tinggi.


Semua fakultas, unit serta lembaga, jelas rektor, digerakkan sedemikian rupa dan secara optimal untuk menaikkan kinerjanya. Di tandai dengan bertambahnya prodi yang meraih unggul, termasuk untuk prodi studi doktoral, Klinik Pratama UINSU yang baru-baru ini meraih akreditasi paripurna, peningkatan sarana sarana dan fasilitas hingga berbagai kerja sama kelembagaan dalam nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (MoA) berhasil dijalin baik dengan sesama lembaga pendidikan tinggi, pemerintah daerah dan mitra perusahaan sebagai stakeholder akan keberadaan UINSU berdiri sejak 1973 ini.


Akreditasi Unggul


Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari BAN-PT.

Perguruan tinggi atau program studi yang mendapatkan akreditasi Unggul adalah perguruan tinggi yang sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya dan mendapatkan skor lebih dari 361 serta memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.
Ada beberapa syarat untuk mendapatkan predikat akreditasi unggul, di antaranya terdapat bukti yang sahih terkait praktik baik pengembangan budaya muti di perguruan tinggi, adanya perolehan status akreditasi program studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir.

Jika ada salah satu syarat tidak terpenuhi, peringkat yang akan diperoleh adalah Baik Sekali.

Perguruan tinggi yang ingin mendapatkan akreditasi Unggul harus mengisi formulir Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif (DE), BAN-PT, dan ditetapkan oleh Majelis Akreditasi (MA) BAN-PT yang khusus digunakan untuk konversi peringkat dari sistem peringkat A, B, dan C ke sistem peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.(bp)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru