129 Siswa MAN 2 Delisersang Masuk PTN Tanpa Testing

Selasa, 20 April 2021 | 20:57 WIB

Medan, MPOL – Sebanyak 129 siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Deliserdang, berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri di berbagai wilayah Indonesia tanpa testing. Seorang diantaranya, atas nama Putri Pratiwi Kela XII MIA3, berhasil menembus Universitas Indonesia(UI) Jurusan Sastra Inggris.

Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Deliserdang, Dr.H.Burhanuddin Harahap,SAg,MPd, kemarin (19/4).

Dari 129 anak didiknya yang masuk PTN tanpa testing itu, terdiri dari jalur SNMPTN sebanyak 49 orang, jalur SNMPN/PMP sebanyak 7 orang dan terbanyak adalah jalur SPAN PTKIN 67 orang.

“Alhamdulillah, dengan banyaknya siswa MAN 2 Deliserdang lulus PTN tanpa testing menjadi bukti bahwa prestasi akademik siswa kita sangat teruji. Bahkan mampu lolos ke UI dengan jurusan Bahasa Inggris. Saya dan segenap tenaga pendidik memberikan ucapan selamat kepada siswa yang lulus dan berharap kuliahnya berjalan lancar,” ungkap Burhanuddin.

Menurutnya, universitas pilihan siswa sangat beragam. Universitas Indonesia(UI), UIN Jakarta, UIN Malang, Univ Soedirman, Univ Syahkuala,Univ Malikussaleh. USU,Unimed,UINSU, Univ Riau,Univ Syarif Kasim, Univ Andalas,Polmed,Politekik N Padang. UIN Sunan Kalijaga. UIN Syarif Hidayatullah, UIN Imam Bonjol,IAIN Bukit Tinggi.UIN ST. Syarif Kasim,IAIN Padangsidempuan, UINSU,IAIN Malikul Saleh Loksemawe. UIN Ar Raniry Banda Aceh dan Poltekkes Medan.

Saat ditanya bagaimana memberi dukungan kepada siswa dalam menyelesaikan pendidikan masa Pandemi Covid ini,  Dr. H. Burhanuddin yang memiliki konten dakwah di www.youtube.com dan sudah merilis berbagai ceramah dan pandangan dan nasehat sisi kehidupan, yang pernah menjabat Kepala MAN 2 Model Medan, menyebutkan, selain sistem daring, siswa juga dibimbing dan dipantau oleh guru bidang studi agar fokus terhadap matapelajaran.

“Walaupun sistem belajar daring, pantauan guru akan tugas siswa sangat diperlukan,agar siswa tetap bertanggung jawab akan tugas yang diberikan guru.

Selain itu konsep belajar menyenangkan termasuk tips yang membuat siswa lebih cerdas dalam menangkap setip materi diberikan guru,”pungkasnya. (dir)