Soft Launching Galery Kampung Batik Brandan Ditandai Pengguntingan Pita

Senin, 18 April 2022 | 22:06 WIB

Medan, MPOL: Galery Kampung Batik Brandan soft launching pada Sabtu (16/4/2022) bertempat di Tasbi 1 Blok FF No. 24 Medan. Ini adalah Galery pertama setelah sebelumnya pada bulan Agustus 2021 Kampung Batik Brandan yang khusus membuat Batik Melayu diresmikan.

Saat itu Dhany Rose sebagai Founder berinisiasi mendirikan pelatihan membatik kepada ibu-ibu rumah tangga yang ada di Kec. Babalan dan Kec. Sei Lepan di Kab. Langkat yang diikuti lebih kurang 50 ibu-ibu. Berjalannya waktu kini setelah 7 bulan warga yang sudah bisa memproduksi batik mulai dari batik tulis, batik cap hingga kini hanya 15 ibu-ibu yang bertahan.

“Membuat satu helai kain menjadi selembar batik tulis membutuhkan waktu lebih kurang 2 minggu itu butuh kesabaran, ketelitian dan ketekunan dan tidak setiap orang bisa melakukannya begitu juga dalam pembuatan batik cap yang banyak melalui proses dan tahap-tahap hingga menjadi selrmbar kain batik,” kata Dhany Rose.

Baru berjalan lebih kurang 7 bulan tetapi para pengrajin sudah bisa produksi kain batik dan sudah mengikuti pameran-pameran baik dikota medan hingga ke Jakarta.

Bulan Desember Kampung Batik Brandan mendapat kesempatan untuk pameran pertama kali dan mengikuti Fashion Show di Acara Rempah Nasional di Danau Toba, menghadiri hari ibu dengan mengisi stand bazar di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara dan terakhir bulan Maret mengikuti Inacraft bersama Dekranasda Provinsi Sumut dan Dekranasda Kabupaten Langkat.

Selain itu Kampung Batik Brandan juga mendapat kesempatan untuk memajangkan produknya di Dekranasda Provinsi Sumut di Jalan Iskandar muda.

Besarnya animo masyarakat terhadap batik Melayu yang dikembangkan oleh Kampung Batik Brandan ini membuat Dhany Rose berinisiatif untuk membuka galery di kota Medan dengan tujuan agar masyarakat dan warga kota Medan bisa dengan mudah dan gampang melihat serta mendapatkan langsung koleksi Batiknya.