Mau Wisata Air, Yookk Ke Pelaruga Langkat-Sumatera Utara

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:14 WIB

Medan, MPOL: Wisata air selalu digandrungi masyarakat, baik tua, muda dan anak balita sekalipun. Tak jarang orang mau bepergian traveling ke daerah terpencil atau hutan hanya untuk menemukan air terjun nan alami yang keluar dari perut bumi.

Bagi anda yang hobi petualangan wisata air yang alami, Pelaruga bisa menjadi destinasi liburan yang pas untuk anda. Ya, Kab Langkat adalah salah satu daerah di Sumatera Utara yang menyimpan banyak tempat wisata menarik. Seiring perkembangan jaman dan maraknya teknologi, banyak tempat-tempat wisata baru bermunculan di Langkat.

Bersama Ayu Travelling mengajak masyarakat Indonesia khususnya warga Sumatera Utara mengenal wisata alam Pelaruga.

Nah Pelaruga itu sendiri ternyata singkatan dari Pemandu Alam Rumah Galuh, jadi setiap pengunjung yang datang akan di temani oleh Pelaruga

Pemandu Alam Rumah Galuh (Pelaruga) yang berlokasi di Desa Jalan Sungai Wampu Rumah Galuh Sei Bingai Kabupaten Langkat, hanya memakan waktu tempuh 30 menit dari Kota Binjai. Tidak perlu takut, jalannya cukup mulus.

Wisata air di daerah ini di ibaratkan seperti surga yang tersembunyi dikarenakan airnya yang sangat jernih dan suasana alamnya yang masih sangat alami luar biasa indahnya air terjun Teroh-Teroh, Kolam Abadi dan Kolam Bening.
Memang untuk sampai ke wisata air tersebut bukanlah hal yang mudah, kita harus melalui jalan setapak dan naik turun perbukitan lebih kurang memakan waktu sampai 20 menit. Tapi, itu tidak terasa capek melihat keindahan alam yang asri dan alami, cukuplah untuk melatih otot-otot tubuh apalagi saat ini dibutuhkan olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam suasana Covid-19.
Ayu Travelling start dari kolam abadi menuju air terjun Teroh_teroh dengan memilih jalan body rafting. Sepanjang sungai yang di lalui di kelilingi tebing-tebing yang sangat indah bahkan banyak juga air yang keluar dari celah celah tebing.

Buat yang suka terjun bebas ada juga tebing di satu bagian sisi sungai yang dalam dengan ketinggian berpariasi hingga mencapai ketinggian 10 meter.

Wisata air Pelaruga tidak kalah menarik dari wisata air lainnya di Sumatera Utara. Pepohonan nan hijau yang rindang menambah suasana begitu asri dan sejuk apalagi kicauan burung menandakan kita berada dialam bebas.

Begitu tiba di Pelaruga, para pengunjung ditemai guide yang akan menawarkan aneka traveling. Sebenarnya, ada tiga tempat wisata di Pelaruga yaitu Air Terjun Tongkat, Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-teroh. Maka tidaklah lengkap bila ketiga lokasi ini tidak dirasakan.

Kolam Abadi menjadi primadona dengan air berwarna biru, benar-benar mengobati semua rasa lelah. Kolam ini merupakan aliran sungai didalam hutan. Bila pengunjung hendak menikmati keindahan Air Terjun Teroh-Teroh, bisa sekaligus dari Kolam Abadi.
Dari air terjun tongkat dan kolam abadi kita sampailah pada tujuan akhir yaitu Air terjun toreh-toreh.

Wisata air Pelaruga akan menjadi destinasi wisata yang paling diminati di Negeri Bertuah Kab Langkat, bila pemerintah daerah itu dengan serius memberi perhatian untuk dikembangkan. Dengan kata lain, berbagaiacam daerah wisata di Kab Langkat akan menambah devisa untuk pembangunan masyarakatnya.

Ayu traveling mengingatkan kita para pengunjung agar tetap menjaga sopan santun dan kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan agar suasana alamnya tetap asri. Selamat menikmati wisata air Pelaruga***

Penulis by : Ayu Traveling
Instagram : ayutraveling
Youtube : Ayu Traveling