Kampung Inggris Jadi Tempat Bulan Bakti Karang Taruna Batu Bara 2020

Selasa, 22 September 2020 | 10:23 WIB

Pelanggiran  MPOL : Kampung Inggris yang berlokasi di puncak bukit Desa Pelanggiran Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batu Bara, merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang akan dijadikan pusat kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna se Kabupaten Batu Bara tanggal 26 September 2020 yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Karang Taruna Batu Bara Nanda Octavian diwakili Sekretaris Riky Ramadan ketika berkunjung bersama Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Syafri Musa SPD, MPD dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Drs Syaiful Syafri MM ke lokasi bangunan rumah peninggalan Inggris tahun 1910 – 1911 di perbukitan Desa Pelanggiran, Senin (21/9/2020).

Saat kunjungan. (Foto: ist)

Menurut Dr Phil Ihwan Azhari seorang sejarawan dari Universitas Negeri Medan, Selasa (22/9), Kampung Inggris merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Batu Bara dan telah dicanangkan Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP.

Daerah ini, kata Dr Phil Ihwan Azhari, dulunya lebih populer dengan sebutan Kebun Tanjung Kasau yang didirikan oleh perusahaan Inggris Harrisons and Crossfield pada tahun 1910 – 1911.

Perkebunan karet ini memiliki 9 unit bangunan perumahan dan 1 unit pabrik karet. Saat ini salah satu bangunan perumahan peninggalan Inggris yang berdiri megah di puncak perbukitan telah ditata dengan tanaman bunga bungaan yang bersumber dari dana CSR PT Pelindo 1 sehingga sangat menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk pendidikan sejarah maupun kebudayaan, karena kelak dilengkapi dengan benda benda peninggalan sejarah yang di pakai Inggris ketika berada di rumah ini.

Dengan panorama indah terhampar taman bunga dan perkebunan kelapa sawit dibawah perbukitan ini telah dikunjungi oleh Teresa Dirk dari Inggris dan Edward Mckinnan di bulan Mei 2019 yang lalu untuk bercerita tentang sejarah perumahan dan pabrik yang didirikan Horissons and Crossfield. **